Logo
Print this page

FPL Tumbuhkan Rasa Cinta Warga Akan Budaya

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani dan lainnya diabadikan bersama sejumlah model pria dan wanita dengan mengenakan busana batik Medan pada Festival Pesona Lokal 2019 di Lapangan Merdeka Medan. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani dan lainnya diabadikan bersama sejumlah model pria dan wanita dengan mengenakan busana batik Medan pada Festival Pesona Lokal 2019 di Lapangan Merdeka Medan.

Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin MSi MH mengaku senang atas tingginya antusias warga Kota Medan menghadiri Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (3/8). Terbukti sejak siang hingga malam hari, lapangan bersejarah itu dipenuhi masyarakat.

Karenanya melalui perhelatan FPL, diharapkan warga semakin mengenal lebih jauh dan mencintai budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Kota Medan. Dengan begitu seluruh kekayaan budaya yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara dapat tetap terjaga kelestariannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan secara khusus saya tujukkan kepada warga Kota Medan karena telah mendukung FPL 2019. Semoga semangat kehadiran kita selaras pula dengan semangat kita untuk senantiasa melakukan dan memberikan yang terbaik bagi Medan Rumah Kita," kata Dzulmi Eldin.

Di hadapan ribuan warga yang hadir, Wali Kota selanjutnya mengajak agar seluruh warga senantiasa merawat serta menjaga setiap kebudayaan yang dimiliki. Terlebih, kepada kaum muda agar tetap bangga atas keanekaragaman budaya Indonesia. Dengan demikian, nilai budaya yang sarat akan sejarah tersebut tidak lekang tergerus kemajuan zaman.

FPL 2019 diawali mulai sejak pagi dengan digelarnya lomba makanan kudapan. Kemudian siang hingga petang dilanjutkan dengan karnaval budaya, fashion show Batik Medan, launching Tarian Ahoii yang dibawakan 429 penari serta dipungkasi dengan hiburan puncak dengan mendatangkan pedangdut papan atas Tanah Air, Siti Badriah yang tampil dengan sejumlah tembang hitsnya.

Ratusan peserta karnaval budaya dilepas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama Gubsu Edy Rahmayadi di Jalan Pulau Penang Medan. Sebanyak 48 grup mengikuti karnaval budaya, masing-masing grup menampilkan seni dan budaya serta kearifan lokal Kota Medan.

Selain mengenakan pakaian tradisionil masing-masing etnis, peserta juga mengkolaborasikannya dengan kostum tematik yang sangat indah. Tidak hanya dari Kota Medan, karnaval budaya juga diikuti peserta dari sejumlah daerah seperti Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), Batam, Bengkalis, Rengat, Padang, dan Pekan Baru.

Tidak hanya warga Kota Medan, karnaval budaya ternyata menarik perhatian sejumlah turis mancanegara, mereka pun mengabadikan iring-iringan karnaval budaya dengan kamera handphone masing-masing, bahkan ada di antara turis yang mengajak peserta karnaval budaya untuk selfi bersama.

Gubsu Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih atas digelarnya Featival Pesona Lokal, sebab event  ini dinilainya sebagai salah satu upaya untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Sumut, khususnya Kota Medan. "Semoga event ini dapat menjadikan Sumut lebih bermartabat, begitu juga dengan Kota Medan yang kita cintai ini. Mari kita lestarikan seni dan budaya kita," kata Edy.

Usai pelepasan karnaval budaya, Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Akhyar Nasution selanjutnya menyaksikan pertunjukan fashion show yang menampilkan busana Batik Medan hasil desain Ketua TP PKK dan Dekranasda Kota Medan Rita Maharani.

Sejumlah model pria dan wanita, termasuk anak-anak tampil energik mengenakan busana Batik Medan yang mengusung motif aneka kearifan lokal Kota Medan seperti Becak Medan, Payung Melayu, Istana Maimun, Tembakau, dan Tepak Melayu.

Sebelum itu puncak acara FPL diawali dengan 429 buah balon sebagai simbol ulang tahun Kota Medan. Usai pelepasan balon acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang digelar guna memeriahkan FPL 2019. Seluruyh pengunjung yang hadir mengikuti rangkaian acara hingga berakhir. (BEN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com