Log in

Dihadiri Ribuan Umat, Wali Kota Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin (tiga kiri), Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, dan Gubsu Edy Rahmayadi (dua kiri) duduk besama saat shalat Idul Adha 1440 H di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (11/8). Wali Kota Medan Dzulmi Eldin (tiga kiri), Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, dan Gubsu Edy Rahmayadi (dua kiri) duduk besama saat shalat Idul Adha 1440 H di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (11/8).

Medan-andalas Pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H di Lapangan Merdeka Medan berlangsung lancar, tenang dan penuh khidmat, Minggu (11/8) pagi. Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama ribuan masyarakat tampak khusuk ketika melaksanakan shalat Hari Raya Kurban tersebut.

Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan H M Syukri Albani Nasution MA bertindak sebagai khatib, sedangkan qori Sumatera Utara Fikri Munawwar SP menjadi imam. Suara lantunan takbir terus mengumandang menyambut satu persatu warga yang datang untuk melaksanakan Shalat Idul Adha yang dimulai Pukul 07.30 WIB.

Selain Wali Kota, Shalat Idul Adha juga turut dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat dan lurah, tokoh agama, alim ulama serta tokoh masyarakat.

Menurut Wali Kota Medan, pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail mengajarkan umat Islam untuk meneladani kesabaran dan keikhlasannya. Terlebih dalam melakukan sesuatu hal hendaknya seluruh masyarakat khususnya umat Muslim Kota Medan dapat ikhlas melakukan dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Medan di masa mendatang.

"Saya berharap semangat berkurban selaras pula dengan semangat kita untuk melakukan dan memberikan serta mendukung penuh seluruh program pembangunan yang tengah dijalankan saat ini. Dengan demikian upaya yang dilakukan dapat bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang dapat dirasakan secara adil dan merata," kata Wali Kota.

Wali Kota juga mengingatkan, esensi berkurban adalah rasa kesediaan, kerelaan dan keikhlasan dalam berbagi terhadap sesama sekaligus melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya. Atas dasar itulah dalam berkurban, Wali Kota berpesan agar niatnya semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT. "Insya Allah ini membawa kebahagiaan dunia dan akhirat bagi kita," pesannya.

M Syukri dalam tausiahnya usai shalat berjudul "Idul Adha: Upgrade Peran Kehidupan Manusia Modern", mengatakan, pelajaran penting yang diambil  dari Idul Adha atau Idul Qurban di antaranya setiap umat Islam dituntut untuk mengedepankan dialog yang dibungkus nilai-nilai ukhuwah Islamiyah.

M Syukri juga mengingatkan, manusia adalah makhluk lemah yang tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan dan bantuan Allah SWT. Oleh karenanya manusia harus senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan, serta jangan sampai menjadi manusia yang sombong karena hal tersebut sangatlah dibenci Allah SWT.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, unsur Forkopimda Kota Medan dan seluruh pimpinan OPD Pemko Medan takbiran bersama menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H di halaman depan Balai Kota Medan, Sabtu (10/8) malam.

Pelaksanaann takbiran berlangsung meriah dan penuh suka cita. Selain jajaran Pemko Medan, takbiran juga dihadiri tokoh agama, alim ulama, camat serta lurah se-Kota Medan. Usai takbiran, camat dan lurah diberi arahan agar seluruh daging kurban dibagikan kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu.

Tahun ini Pemko Medan menyembelih hewan kurban sebanyak 69 ekor lembu dan disebar di 21 kecamatan di Kota Medan. Sedangkan jumlah total hewan kurban yang disembelih di Kota Medan sebanyak 9.562 ekor dengan perincian hewan kurban sebanyak 7.062 ekor lembu dan 1.960 ekor kambing. (BEN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px