Log in

Desmond: Mudah-Mudahan Prabowo Tidak Nakal


Jokowi Siap Jawab Pertanyaan Kasus Novel

Jakarta-andalas Politikus Gerindra, Desmond J Mahesa tak masalah bila isu pelanggaran HAM seperti penculikan aktivis muncul lagi dalam debat perdana capres dan cawapres. Ia berharap, Prabowo Subianto sebagai capres penantang tak nakal menyebut pihak yang sebenarnya bertanggung jawab.

"Pelanggar HAM, pelanggar HAM di masa lalu juga sepenuhnya bagian dari petahana sekarang. Kalau itu muncul, ya mudah-mudahan Pak Prabowo tidak nakal menyebut nama orang yang lebih bertanggung jawab dari Pak Prabowo," ujar Desmond di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/1).

Desmond pun menyebut nama pihak yang dimaksudnya punya tanggung jawab lebih besar dari Prabowo. Salah satunya adalah eks Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto. "Kalau disebut, ya misalnya siapa misalnya, Wiranto, almarhum Faisal Tanjung," lanjut Anggota DPR itu.

Menurutnya, kalau Wiranto yang disebut maka akan ramai lagi. Karena itu, dalam rangka menghindari kepentingan sebagai mantan korban, ia enggan berspekulasi terlalu jauh.

"Muncul lagi juga enggak masalah. Karena sebenarnya debat periode pertama Jokowi yang lalu kan sudah pernah ditanyakan Pak Jusuf Kalla (JK). Prabowo dengan santainya, masa saya harus buka semua masalah ini?" kata Desmond.

Ia menambahkan, setelah Prabowo menjawab, JK tersenyum kecut. Ia menduga ada hal yang disembunyikan Prabowo. Ia menilai sebetulnya Prabowo bukan orang yang bertanggung jawab langsung. Tapi, ia yakin Prabowo pasti akan meluruskan sejarah.

"Pasti dia buka. Kalau dia tak buka, maka Pak Prabowo tersandera oleh kasus yang menyandera dia selama ini. Saya yakin akan dibuka," ujar Desmond.

"Pak Prabowo sampai hari ini menghormati institusi di mana dia pernah bersama-sama dengan orang-orang itu," kata Desmond.

Ia menjelaskan kenapa ia bergabung dengan Gerindra karena ia yakin kasus ini pasti terbongkar. Sehingga akan diketahui mana wilayah Prabowo dan bukan Prabowo. "Saya punya keyakinan pasti ini terbongkar. Mana wilayah Prabowo, mana yang bukan wilayah Prabowo."
    
Kasus Novel Baswedan

Sementara itu Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memastikan, pada debat perdana capres-cawapres yang akan digelar besok malam, pihaknya sudah mengantisipasi sejumlah pertanyaan yang akan diajukan pasangan lawan.

Erick bahkan mengatakan, persoalan-persoalan HAM, termasuk soal kasus Novel Baswedan, merupakan salah satu masalah yang sudah diantisipasi oleh TKN dan sudah disiapkan jawabannya.

"Ya (soal Novel) pasti dijawab. Apakah dari paslon siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sensitif seperti kasus Novel dan HAM. Justru besok yang akan dijelaskan," kata Erick di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (16/1).

Erick mengatakan topik debat semacam ini memang sudah selayaknya diantisipasi oleh TKN Jokowi-Ma'ruf Amin. Sebab, menurutnya, dalam mencari sosok pemimpin, masyarakat tidak boleh terjebak hanya di permukaan saja sehingga konteks debat memang harus dibuat substantif.

"Sudah selayaknya dalam mencari pemimpin, kita enggak boleh terjebak hanya di permukaan. Kita mesti dilihat track record. Kalau enggak, kayak beli kucing dalam karung," kata Erick.

Mengenai 'utang' Jokowi dalam perkara-perkara HAM sebagaimana yang kerap digugat di Aksi Kamisan, Erick meminta kepada masyarakat agar tidak menganggap Jokowi sebagai Superman, yang harus menyelesaikan semua hal kecil sampai ke hal yang besar.

Apalagi, pada periode presiden-presiden yang menjabat sebelum Jokowi pun, masalah HAM ini memang tak lantas diselesaikan.

"Kasus HAM ini sudah berapa kali presiden. Ini bukan kasus baru loh, ini kasus lama. Sekarang kenapa yang dicecar beliau (Jokowi)?" ungkapnya.

"Saya rasa sudah banyak hal yang sudah dilakukan juga, dan HAM kan tak hanya hukum. Namun ekonomi, sosial, itu HAM juga. Orang dapat pendidikan yang baik kan itu HAM juga," ujarnya.

Debat capres dan cawapres perdana akan digelar Kamis, 17 Januari 2019. Tema debat perdana ini terkait isu hukum, korupsi, HAM, dan terorisme. (G/VN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px