Log in

Bupati Zahir Resmikan Museum Ke-12 dari 415 Kabupaten di Indonesia

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP didampingi putranya, Danis, Ketua Asosiasi Museum Indonesia Sri Hartini menerima penjelasan isi Museum dari Dr Phil Ichwan Azhari. Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP didampingi putranya, Danis, Ketua Asosiasi Museum Indonesia Sri Hartini menerima penjelasan isi Museum dari Dr Phil Ichwan Azhari.

Andi Lestari, SKG Dukung Sepenuhnya Kebijakan Bupati

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP meresmikan Museum Daerah yang berlokasi di Talawi Batu Bara, Senin (23/12). Ini merupakan museum ke-12 yang didirikan pemerintah daerah dari 415 pemerintah kabupaten (Pemkab) di Indonesia .

Peresmian Museum ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Ir Zahir MAP didampingi putranya  Danis, Ketua DPRD Batu Bara M Syafi'i SH , Anggota Fraksi PBB DPRD Batu Bara Andi Lestari SKG, sejarawan Dr Phil Ichwan Azhari MS, Ketua Asosiasi Museum Indonesia Sri Hartini, Kadis Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus , Kadis Pertanian Ridwan SP dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, tokoh budaya dan pelajar.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir menegaskan, dia sangat memperhatikan situs-situs dan sejarah peradaban Melayu yang ada di Kabupaten Batu Bara .

Karenanya situs Jepang yang ada di Pantai Sejarah dan Hutan Raya Etno Botani yang merupakan warisan dunia , juga akan didirikan museum, di samping pemugaran cagar budaya.

Di arena Museum Daerah, sejarawan Ichwan Azhari menjelaskan, di museum yang baru diresmikan itu dilestarikan berbagai peninggalan 9 Kedatuan di Batu Bara yang di antaranya dihimpun oleh Taufik Hidayat, dan situs peninggalan Jepang.

“Ini merupakan Museum ke-12 yang didirikan pemerintah kabupaten dari 415 kabupaten yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk Provinsi Sumatera Utara, Museum Kabupaten Batu Bara merupakan museum keempat dari 33 Kabupaten/Kota,” kata dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) ini.

Di sela-sela peresmian museum ini, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP juga menerima hibah 1 unit truk sampah dari PT Pertamina Niaga Gas. Selain itu, Zahir memberi bantuan sebanyak 3.500 kg bibit padi kepada petani yang tertimpa bencana alam banjir pada September dan November lalu.

Bantu Modal Usaha

Sementara itu, satu hari sebelumnya , tepatnya Minggu (22/12) usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Menyambut Natal 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP bersama Kapolres Batu Bara AKBP Ichwan Lubis SH, MH didampingi Kadis Sosial Ishak Liza SPd, Ketua DPRD Batu Bara M Syafii SH, Anggota DPRD dari Fraksi PBB Andi Lestari, SKG, menyerahkan bantuan modal usaha kepada 50 kelompok usaha bersama (500 peserta) masing-masing kelompok sebesar Rp 20 juta.

Modal usaha 50 kelompok ini bersumber dari dana APBN 2019. Sedangkan bagi para penyandang cacat, lanjut usia, masyarakat miskin dan pelajar SD mendapat bantuan kesejahteraan dan pakaian seragam sekolah.

Anggota Fraksi PBB DPRD Batu Bara Andi Lestari SKG yang hadir di dua acara ini memberikan dukungan penuh terhadap Pemerintahan Zahir - Oky. Andi Lestari menegaskan, Bupati Batu Bara telah mengukir sejarah baru dalam membangun Kabupaten Batu Bara dengan mendirikan sebuah museum sesuai dengan tuntutan Undang Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Peraturan Pemerintah No 66 Tahun 2015 tentang Museum.

Sama halnya dengan bantuan modal usaha untuk kelompok usaha bersama yang diserahkan Bupati Zahir, menurut Andi Lestari, sejarah penurunan angka kemiskinan di Batu Bara sangat tinggi karena 2.880 KK atau setara 11.200 orang masyarakat telah dinyatakan lepas dari kemiskinan, karena telah mampu memenuhi kebutuhan dasar hidupnya melalui berbagai usaha kecil dan menengah serta bekerja di tempat tempat lain.

Pada kesempatan itu, Andi Lestari, menyampaikan ucapan selamat kepada Kadis Sosial Ishak Liza dan seluruh staf Dinas Sosial , para pendamping PKH, TKSK , Karang Taruna dan TP PKK serta seluruh masyarakat yang berkomitmen membangun Batu Bara bersama pemerintah daerah. (hamdani)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px