Log in

Bupati Langkat :Jadikan Itu Sebagai Alternatif Pembangunan Desa

Sekdakab Langkat Dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM foto bersama dengan Forkopimda seusai membuka dengan resmi acara Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di GOR Stabat. Sekdakab Langkat Dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM foto bersama dengan Forkopimda seusai membuka dengan resmi acara Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di GOR Stabat.

Bursa Inovasi Desa

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH diwakili Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM   membuka dengan resmi acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Tahun 2018, di Gedung Olah Raga (GOR) Stabat, Selasa (18/9). 

Dalam arahan dan bimbingannya, Ngogesa menyampaikan bahwa Bursa Inovasi Desa adalah kegiatan yang penting, karena bagian dari tahapan Program Inovasi Desa yang bertujuan untuk menawarkan kegiatan- kegiatan kegiatan yang terkait dengan pembangunan Desa yang dinilai inovatif.

Karena itu, dia berharap agar setiap Pemerintah Desa dapat memanfaatkan momen dan even ini untuk mencermati setiap inisiatif dan inovasi yang ditampilkan oleh seluruh peserta, sehingga dapat  diadopsi dan direplikasi, bahkan dikembangkan di Desa masing-masing sesuai dengan kondisi dan potensi yang dimiliki.

Selain itu, sambungnya, Program Bursa Inovasi Desa ini juga bagian dari informasi dan promosi serta forum penyebaran dan pertukaran inisiatif/inovasi masyarakat,sehingga dapat menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa, sehingga bisa menjadi solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan Desa, dalam rangka penggunaan Dana Desa yang lebih efektif dan inovatif.

Selain itu, mengedepankan  penggalian dan pengelolaan potensi yang dimiliki  secara arif dan bijaksana serta memperhatikan dampaknya bagi kelestarian lingkungan.

“ Untuk itu saya meminta kepada seluruh SKPD terkait  dan Camat  agar memberikan fasilitas dan ruang yang cukup kepada Desa, dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan Program Inovasi Desa, agar konstruksi Desa ke depan dapat lebih maju, mandiri dan sejahtera, sehingga pelaksanaanya sesuai dengan yang diamanahkan Undang- Undang,” terangnya.

Sementara itu, Kadis PMD Drs Jaya Sitepu selaku Ketua Pelaksana Bursa Inovasi Desa  menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam  3 bidang, yaitu bidang peningkatan insfrastruktur perdesaan, bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, serta bidang peningkataan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Ia juga  mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap panitia penyelengara, serta semua pihak  yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini.

“ Adapun peserta Bursa Inovasi Desa tidak kurang dari 1.200 orang,  yang terdiri dari Kades 240 orang, Ketua TP PKK Desa 240 orang, Ketua BPD 240  orang besrta para tamu dan undangan lainnya,”sebutnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, program ini sesuai dengan  UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, yaitu Pemerintah berupaya un tuk  meningkatkan kapasitas keuangan Desa, baik dari Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), sehingga Desa diharapkan mampu meningkatkan kemampuanya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan Dinas PMD Propinsi Sumatera Utara, Timbul SH,  Forkopimda Langkat dan Binjai,  Ketua DPD KNPI Langkat H Rizky Yunanda Sitepu STP, seluruh OPD  di jajaran Pemkab Langkat, pengurus TP PKK dan pengurus DWP Langkat,  Ketua IPEMI Langkat, Kepala Cabang Bank Sumut, Bank BRI Stabat beserta para tamu dan undangan lainnya. (BD)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px