Log in

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH Tandatangani MoU "Gerakan Menuju 100 Smart City"

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH saat menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Selasa (8/5) yang lalu. Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH saat menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Selasa (8/5) yang lalu.

Pemerintah Kabupaten Langkat salah satu  dari 100 Kabupaten/Kota se Indonesia yang terpilih sebagai Role Model atau teladan dalam  mengimplementasikan Program Gerakan Menuju 100 Smart City. Hal tersebut ditandai  dengan Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH saat menghadiri undangan dari Kementrian Kominfo RI guna menandatangani nota kesepahaman (Mou) untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, pada acara Opening Gerakan Menuju 100 Smart City yang dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Selasa (8/5) yang lalu.

Dalam acara tersebut, Ngogesa didampingi oleh Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, Assisten II Ekbangsos Drs H Hermansyah, Assisten III Administrasi Umum Drs Eddy Dharma Tarigan MSi, Kadis Kominfo Kabupaten Langkat H Syahmadi S.Sos MSP, INSPEKTUR Amril S.Sos MAP. Menteri Kominfo, Rudiantara pada kata sambutanya, mengatakan, Gerakan Menuju Smart City ini dimulai dari tahun 2017 sampai 2019,  pada 2017 lalu telah diikuti oleh 25 Kota/Kabupaten, sedangkan  pada 2018 ini ada 50 Kota/Kabupaten bergabung, sehinga total seluruhnya berjumlah 75 Kota/Kabupaten.    

Targetnya, tahun depan akan melibatkan 25 Kota/Kabupaten lainnya, sehingga menjadi 100 Kota/Kabupaten Smart City yang ada di Indonesia.

“Smart City harus melihat teknologi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga setiap ide dan inisiatif terkait Smart City  pada setiap penggunaanya bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, di sela-sela kegiatan tersebut, Ngogesa mengatakan, terpilihnya Kabupaten Langkat sebagai peserta Gerakan 100 Smart City, menunjukan saat ini Langkat telah berproses untuk menuju daerah yang lebih maju dalam melaksanakan e-government, sebab Kabupaten/Kota yang terpilih, sambung Bupati Langkat, telah lolos mengikuti Assessment Gerakan Menuju 100 smart City terhadap daerah yang bersangkutan, berdasarkan pada kemampunan keuangan daerah, tingkat kinerja pemerintah dan pelayanan publik berbasis TIK dan keikutsertaan pada program Green City, dan Index Kota berkelanjutan (sebagai faktor penimbang) yang diselenggarakan oleh Direktorat e-Government, berlangsung selama tiga (3) hari  pada 5-7 Maret 2018 lalu, di Pustiknas Ciputat, Tangerang Selatan.

“Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan masyarakat Kabupaten Langkat, atas dukungan dan partisifasinya kepada Pemkab.Langkat yang saat ini saya pimpin, sehingga Langkat dapat terpilih diajang bergengsi ini, yang membuktikan kemajuan Langkat di bidang pelayanan publik berbasisi IT,” ujarnya.

Lebih lanjut, ditambahkan Sekdakab. Langkat dr.H.Indra Salahuddin MKes MM, keberhasilan ini juga berkat adanya komitmen yang tinggi dari pimpinan daerah, serta seluruh perangkat daerah, termasuk dukungan anggaran, kebijakan, dan adanya perencanaan, ketersediaan akses internet, SDM IT, aplikasi serta telah terbangunnya infrastruktur awal yang bisa mendukung menuju Gerakan 100 Smart City, contohya LCC (Langkat Command Center).

“Artinya, berkat dukungan dari semua pihak sehingga Langkat dapat terpilih sebagai Kabupaten yang ikut serta Gerakan 100 Smart City,” jelasnya.

Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan didukung oleh Kementerian terkait lainnya, seperti  Kementerian Keuangan , Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Bappenas, Kantor Staf Kepresidenan, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) serta melibatkan pelaku industri yaitu Kompas Gramedia, Technology Partner Speech dari Indosat,  Partner Speech  dari Jasnita Telekomindo,  Partner Speech Lintasarta, Tim Partner Speech dari Pt Philips Indonesia, Tim Partner Speech dari BNI dan Tim Partner Speech dari Smartcomputerindo.Com, Smart Lighting dari PT Philips Indonesia dan Smart Energy dari Pertamina, KSP, APEKSI. (BD)

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 9.66 km/h

  • 12 Dec 2018 28°C 22°C
  • 13 Dec 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px