Log in

7 Keuntungan Tidur Miring ke Kiri, Bikin Tubuh Gak Keracunan


Tidur memang sangat penting bagi manusia untuk mengembalikan energi mereka. Sayangnya, tidak semua orang dapat tidur dengan nyenyak, ada juga yang kerap terbangun sehingga membuat mereka masih merasa lelah.

Lantas, apa sebabnya Anda sulit tidur? Hal itu lantaran tubuh Anda sebenarnya masih cukup aktif meski beristirahat, mencerna makan malam, dan mengisi ulang tenaga, mengambil oksigen dan mengedarkannya darah. Nah, jika posisi tidur Anda tidak benar maka ini akan membuat perbedaan besar pada kualitas tidur Anda.

Melansir hhdresearch, sebenarnya posisi tidur di sisi kiri adalah yang paling baik. Ada 7 alasan mengapa itu posisi tersebut menjadi yang terbaik.

1. Meningkatkan Pencernaan

Kita sering mendengar bahwa makan sebelum tidur adalah hal yang buruk, karena makanan tidak akan tercerna dengan baik dan membuat Anda gemuk. Padahal, pencernaan Anda tetap bekerja baik saat bangun atau tidur. Tubuh kita masih sibuk selama tidur dan membutuhkan bahan bakar untuk mendapatkan hasil maksimal.

Oleh karena itu, Anda dapat membantu tubuh Anda melakukan pekerjaan dengan upaya sesedikit mungkin dengan tidur di sisi kiri Anda. Karena, ketika Anda berbaring miring ke kiri, itu memungkinkan makanan masuk ke usus besar dengan lebih mudah. Ini juga menjaga perut menekan pankreas, yang mendukung aliran bebas enzim pencernaan.

2. Istirahatkan Hatimu

Meskipun tidur, jantung harus berdetak tanpa jeda untuk mempertahankan kehidupan. Itu pekerjaan besar dan dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor mulai dari pola makan hingga kualitas udara lingkungan. Tidak heran jika penyakit jantung adalah pembunuh utama orang dewasa di seluruh dunia.

Nah, untuk meminimalkan risiko Anda, buat pekerjaan jantung Anda lebih mudah dengan tidur miring ke kiri. Kedengarannya seperti hal kecil, tetapi ketika Anda tidur miring, Anda membiarkan gravitasi membantu jantung menggerakkan darah. Dengan demikian, Aorta yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dapat sesuai rutenya.

3. Meredakan Sakit Punggung

Siapa di antara kita yang terbangun karena kita tidur dalam posisi yang aneh, dan menyebabkan ketegangan pada punggung atau leher? Jika Anda lebih sering mengalami sakit saat bangun tidur, maka tidur miring mungkin bisa menjadi solusi.

Sebagai permulaan, tidur miring akan mengurangi stres pada tulang belakang. Semakin banyak tekanan pada punggung Anda saat tidur, semakin banyak usaha yang dibutuhkan otot Anda untuk menjaga semua tetap stabil. Tetapi ketika Anda tidur miring, maka Anda meningkatkan sirkulasi yang mengurangi peradangan otot.

4. Mendukung Sistem Limfatik

Sistem limfatik adalah jaringan pembuluh yang membawa cairan bening yang disebut getah bening. Sistem ini memainkan peran penting dalam memindahkan cairan ke seluruh tubuh, dan fungsi kekebalan tubuh. Limfon dapat membawa racun dan produk limbah lainnya, sehingga penyumbatan di mana pun dalam sistem dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Nah, dengan tidur miring ke kiri maka tubuh akan membantu sistem limfatik menyaring limbah. Limpa akan mengalir ke kiri melalui duktus toraks, posisi ini memungkinkan gravitasi membantu fungsi tubuh alami.

5. Mengurangi Mulas

Ini bisa menjadi efek samping dari makan sebelum tidur, karena posisi tengkurap dapat membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Menariknya, para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur miring dapat membantu Anda meredakan mulas, sementara miring ke kanan menyebabkan sebaliknya.

Ketika kita miring ke kiri, persimpangan perut dan kerongkongan akan lebih tinggi dari tingkat asam lambung. Namun, jika miring ke kanan, sfingter esofagus bagian bawah yang lebih rileks dapat membuat asam merembes masuk.

6. Penting untuk Wanita Hamil

Wanita hamil sedang mengedarkan darah untuk dua tubuh, pekerjaan intens yang membutuhkan volume darah yang lebih besar. Sementara itu, bayi yang sedang tumbuh akan memperluas rahim dan memberi tekanan pada tulang belakang dan organ lainnya. Tidur miring ke kiri akan membuat sirkulasi darah tetap stabil dan menghilangkan tekanan bayi dari tulang belakang ibu, ditambah melindungi hati agar tidak bekerja terlalu diperas. Secara keseluruhan, berbaring miring ke kiri membuat aliran darah mengalir sempurna.

7. Mencegah Mendengkur

Jika pasangan Anda mendengkur, tidur miring ke kiri bisa membuat semua perbedaan. Saat tidur, mulut, tenggorokan dan lidah akan lebih rileks. Karenanya, tidur terlentang akan buruk bagi para pendengkur, karena jaringan-jaringan itu rileks ke belakang dan sebagian dapat menghalangi jalan napas. Jika Anda tidak terbiasa tidur miring memang perlu sedikit penyesuaian. Cobalah tidur dengan bantal di antara lutut atau di belakang untuk mencegah Anda menggelinding. Trik lain adalah dengan pindah tempat, karena akan memaksa otak Anda untuk memutuskan lagi posisi mana yang "benar" dan Anda dapat lebih mudah membuat kebiasaan tidur di sisi kiri.(OKE)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px