Log in

10 November 1945, Masyarakat Harus Terus Mengingatnya

Wakil Bupati Langkat, Drs H Sulistianto MSi saat menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Napak Tilas Wakil Bupati Langkat, Drs H Sulistianto MSi saat menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Napak Tilas

Peringatan Hari Pahlawan dilangsungkan di Kabupaten Langkat, Jum’at (10/11), bertempat di Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat.  Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Bupati Langkat Wakil Bupati Drs. H. Sulistianto M.Si, sedangkan sebagai Komandan Upacara adalah Letol Arh. Sobana dari Yonif Arhanud Binjai dan Perwira Upacara Danramil 07 Stabat Kapten Inf. Yusrafizal.

Upacara itu sendiri diikuti oleh unsur perwakilan Forkopimda Langkat, Kepala SKPD dan jajarannya dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Langkat dan sejumlah organisasi kemasyaratan beserta Pelajar.

Selaku Irup, Wabup Langkat Sulistianto membacakan amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa terkait makna dari Peringatan Hari Pahlawan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Dalam perjuangannya, para Pahlawan rela berkorban untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, momentum Hari Pahlawan harus menjadi dasar pemikiran bagi masyarakat untuk tidak bertanya tentang apa yang diberikan oleh Negara, tetapi tanyalah, apa yang sudah kita berikan untuk Negara,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH menjelaskan, 10 November 1945 adalah kenangan yang tidak akan pernah dapat dilupakan oleh masyarakat Indonesia.

“Puluhan ribu korban meninggal dunia karena satu tujuan, yakni Merdeka,” katanya.

Untuk itu, Ngogesa berharap, peristiwa bersejarah tersebut harus terus diingat oleh masyarakat, dan semangat Bung Tomo (Pengobar Semangat Perang Surabaya) dan KH. Hasyim Asy’ari (Pengeluar Fatwa Resolusi Jihad untuk mempertahankan kemerdekaan RI) dapat menjadi motivasi bagi generasi muda dalam membawa Bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera.

Bersamaan dengan Peringatan Hari Pahlawan itu diserahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba Napak Tilas.  Dsiharaapkan, dengan napak Tilas para generasi muda bisa menjiwai dan ikut merasakan betapa pahit, pedih dan getirnya perjuangan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan dulu.  (BD)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px