Log in

Welcome Back Zinedine Zidane


Sang Legenda, Zinedine Zidane untuk kesekian kalinya kembali ke Madrid. Setelah sempat bermain selama lima musim, pria asal Prancis itu memulai karier kepelatihannya dengan menjadi asisten Carlo Ancelotti untuk kemudian menangani Real Madrid Castilla.

Zidane kemudian ditunjuk menggantikan Rafael Benitez pada awal 2016 silam. Keputusan Madrid terbukti tepat karena Zidane sukses mempersembahkan berbagai gelar bagi Los Merengues, termasuk raihan trofi Liga Champions tiga kali beruntun.

Pada musim panas lalu Zinedine Zidane memilih untuk pergi dari Real Madrid. Setelah kegagalan Julen Lopetegui dan Solari, Zidane pun kini bersedia kembali ke Santiago Bernabeu. Kembalinya Zidane ke Madrid bisa dianggap sebagai sebuah keputusan mengejutkan. Sebab, tidak ada jaminannya bersama Zidane, Real Madrid akan kembali meraih kesuksesan. Pasalnya ketika Madrid meraih sukses dengan keberhasilan memboyong tiga trofi Liga Champions, sangat banyak terbantu oleh faktor adanya Cristiano Ronaldo, sebagai goal getter.

Nah, kegagalan Julen Lopetegui dan Solari memberikan prestasi hebat kepada Madrid pascaditinggalkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo, sejatinya bukanlah kesalahan mereka semata. Manajemen Madrid juga ikut memberikan andil di dalamnya, karena tidak melakukan rekrutmen pemain baru, yang setara dengan kualitas dimiliki Ronaldo.

Sementara pesaing abadi mereka, Barcelona masih memiliki megastar dan pemain terhebat sepanjang masa, Lionel Messi. Keberadaan Messi di Barcelona membuat klub Catalan ini tetap solid dan dipastikan akan sulit diatasi klub lain di Spanyol, termasuk oleh Real Madrid, kendati mereka telah kembali dilatih Zinedine Zidane.

Tentu persoalannya akan menjadi berbeda, apabila manajemen Madrid musim depan, mampu mendatangkan pemain-pemain hebat sekaliber Neymar Jr atau Kyllian Mbappe. Hanya berbekal kehadiran pemain baru yang kualitasnya di atas rata-ratalah, yang memungkinkan Madrid akan bisa bangkit di bawah besutan pelatih baru tapi lama, Zidane.

Tetapi apa pun ceritanya, kembalinya Zidane layak kita sambut dengan ucapan welcome back Zidane. Setidaknya keberadaan sang bintang bersama Madrid, akan membuat reputasi Liga Spanyol kembali naik di mata khalayak. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir ini, hampir semua pelatih dunia meniti karier di Liga Primer Inggris.

Keberadaan legenda Perancis ini di kursi kepelatihan Real Madrid dipastikan akan membuat pamor Liga Spanyol kembali terangkat, kendati kembalinya sang maestro ke kursi kepelatihan itu sebenarnya juga potensial membahayakan bagi dirinya.

Sebab tidak tertutup kemungkinan dia akan menerima nasib serupa dengan para pendahulunya, Lopetegui dan Santiago Solari, karena dominasi Barca bersama Messi di Liga Spanyol kelihatannya masih sulit dipatahkan hingga beberapa tahun ke depan.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px