Log in

The Citizens Vs The Reds


Mantan bintang Manchester United, Gary Neville, menyebut Liverpool adalah ancaman serius untuk misi Manchester City mempertahankan gelar juara liga. Kenapa? Hal ini dilontarkan Neville usai menyaksikan penampilan Liverpool saat menghantam West Ham United 4-0 di laga pembuka Premier League semalam. Selang beberapa jam kemudian City juga tampil apik saat menang 2-0 di kandang Arsenal. Neville menyebut gaya main Liverpool saat ini adalah senjata ampuh untuk bisa menaklukkan City. Apalagi memasuki musim penuh ketiganya sebagai manajer Liverpool, Juergen Klopp sudah bisa mendoktrin para pemain dengan filosofinya. Buktinya musim lalu, Liverpool jadi satu-satunya tim yang mampu mengalahkan City tiga kali, dua kali di Liga Champions dan sekali di Premier League.

Premier League memang baru melakoni satu pertandingan. Namun, penilaian yang disampaikan Gary Neville di atas, sangat beralasan. Bahwa, Liverpool memang layak diunggulkan sebagai penantang serius juara bertahan, karena tampil meyakinkan di pekan pertama. Dengan kata lain, tidak terlalu berlebihan, jika disebut Premier League musim ini akan menjadi ajang pertarungan antara The Citizens Manchester City vs The Reds Liverpool. Tentu, analisis seperti ini tidak akan mencuat, jika Arsenal mampu mengalahkan atau setidaknya menahan City.

Keberhasilan Raheem Sterling dkk mempermalukan Mesut Oezil dkk di kandang The Gunners, merupakan sebuah bukti nyata bahwa anak didik Pep Guardiola tersebut masih akan tetap menggila seperti musim lalu. Sementara The Gunners tidak banyak mengalami perubahan signifikan, kendati telah berganti pelatih. Musim lalu, hanya anak asuh Jurgen Klopp yang mampu menghentikan laju pasukan Pep Guardiola. Tak cuma sekali, melainkan sampai tiga kali. Kedigdayaan Klopp atas Pep juga berlanjut pada pra musim, saat Liverpool sukses membungkam City, 2-1.

Pada musim lalu, persoalan yang kerap dihadapi The Reds adalah mampu membekap klub-klub papan atas, namun sering kehilangan angka saat menghadapi klub papan bawah. Persoalan ini kelihatannya sudah bisa diatasi, dengan kokohnya benteng pertahanan di bawah komando Virgil van Dijk dan kiper Alisson Becker. MU dan Spurs tidak diunggulkan musim ini, karena kedua klub ini tidak banyak melakukan aktivitas di bursa transfer. Pada tampilan perdana di musim ini juga sudah terlihat. Paul Pogba dkk memang bisa mengatasi Jamie Vardy dkk. Namun, kemenangan diraih dengan susah payah. Selain itu, gaya bermain MU di bawah arahan Jose Mourinho masih tetap seperti musim lalu ; tak enak dipandang mata. Faktanya menghadapi tim sekelas Leicester saja, MU kalah dalam ball possesion dan hanya menorehkan 6 shoot on target. Memang dari statistik pertandingan di pekan pembuka Liga Inggris kemarin, The Reds dan The Citizens sama-sama tampil paling agresif dan masing-masing sukses mengemas 8 shoot on target. Wajar jika keduanya diunggulkan akan menjadi jawara.(**)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px