Logo
Print this page

Spirit Asian Games dan Persatuan Kita


Gebyar penyelenggaraan Asian Games XVIII telah usai dan ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, Minggu (2/9) malam. Dengan demikian pesta olahraga terbesar bangsa-bangsa Asia itu pun telah berakhir dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi Indonesia. Sebagaimana disampaikan Wapres Jusuf Kalla, Indonesia sebagai tuan rumah mampu mendulang kesuksesan dalam penyelenggaraan acara ini. Yakni, kesuksesan dalam melaksanakan semua pertandingan dengan lancar, serta kesuksesan dalam torehan meraih medali.

Melalui penyelenggaraan Asian Games kali ini, Indonesia dengan gemilang menorehkan sejarah terbesar pencapaian dalam keikutsertaannya pada perhelatan pesta olahraga Asia. Yakni mampu mendulang 31 emas dan menduduki posisi terhormat, empat besar. Tentunya yang lebih penting lagi adalah, para duta olahraga Indonesia, telah memperlihatkan kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia, spirit untuk menang demi berkibarnya Merah Putih serta berkumandangnya lagu Indonesia Raya. Tekad dan spirit untuk menang sebagaimana diperlihatkan para atlet Indonesia dalam Asian Games 2018, telah menginspirasi rakyat Indonesia untuk bangga dan cinta pada Tanah Air Indonesia. Semuanya menyatu, tidak ada sekat, bangsa, sukun, agama, bahkan bahasa.

Selain itu, yang lebih menggembirakan adalah tingginya antusiasme masyarakat untuk menonton semua pertandingan yang ditandai dengan penuhnya venue oleh pendukung Indonesia dan tim bangsa lain. Ke depan, sebagaimana diharapkan Presiden Joko Widodo, Indonesia akan mengikuti bidding Olimpiade 2032. Diharapkan, atlet-atlet Indonesia tetap bisa berprestasi. Sebuah torehan prestasi olahragawan dan olahragawati Indonesia yang sangat membanggakan dan diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Indonesia. Kebangkitan ini harus selalu dijaga, sebab pasca Asian Games, kita akan bersiap mengikuti Olimpiade 2020, dan menyusul Asian Games 2022.

Spirit dan semangat juang yang dipertontonkan para atlet Indonesia di Asian Games kali ini memang sangat membanggakan, sekaligus merupakan bukti, bahwa Indonesia bukan hanya bisa berprestasi melalui bulu tangkis, melainkan juga bisa meraih sukses di cabang lain, seperti atletik, sepak takraw, bahkan sepak bola pun sebenarnya layak melaju ke posisi lebih baik, jika tidak dicurangi wasit asal Australia. Momentum Asian Games yang sukses besar ini diharapkan tidak berhenti sekadar sukses yang semu. Lebih dari itu, kita berharap keberhasilan putra-putri terbaik bangsa itu dapat lebih mengokohkan semangat kebangsaan dan persatuan di antara kita. Spirit Asian Games Jakarta-Palembang seyogyanya mampu menyadarkan kita bersama, bahwa kita adalah satu. Kita adalah Indonesia, apa pun agama, suku dan golongannya. Kalau olahraga bisa menyatukan kita, hendaknya politik tidak sampai memisahkan dan memecahbelah kita. Etake kaltu...(**)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com