Log in

Selamat untuk Gubernur Baru


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 di Hotel Le Polonia, Medan, Minggu malam. Hasil rekapitulasi suara dari 33 KPU se-Sumatera Utara, pasangan nomor 1 Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) unggul dari pasangan nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss). Pasangan Eramas berhasil unggul di 17 kabupaten/kota, sedangkan pasang Djoss unggul di 16 kabupaten/kota. Namun, sejumlah kabupaten/kota dengan daftar pemlilih tetap (DPT) yang cukup besar seperti Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai, dan Labuhan Batu direbut dengan kemenangan mutlak oleh pasangan Eramas.

Sedangkan pasangan Djoss hanya unggul telak di Kabupaten Simalungun. Pasangan Eramas total berhasil meraih 3.291.137 suara atau 57,57 persen, sementara pasangan Djoss meraih 2.424.960 suara atau 42,42 persen. Sedangkan total suara yang tidak sah sebanyak 90.770.  Kemenangan pasangan Eramas itu tentu sudah tak lagi mengejutkan. Sebab, teknologi canggih sekarang, pemenang Pilkada dan Pemilu sudah bisa diketahui hanya beberapa jam usai pencoblosan (melalui teknologi penghitungan secara cepat atau quick qount). Pada perhelatan Pemilu baik Pilpres maupun Pilkada, lazimnya rakyat tidak perlu lagi menunggu berlama-lama untuk mengetahui siapa pemenangnya. Demikian halnya pada perhelatan Pilgubsu kali ini, pada tanggal 27 Juni lalu (beberapa jam usai pencoblosan), masyarakat di daerah ini sudah mengetahui pemenang Pilgubsu.

Lazimnya hasil penghitungan secara cepat (quick qount) hampir selalu sejalan dengan hasil penghitungan secara manual (real qount) yang dilaksanakan pihak KPU. Kalaupun terdapat perbedaan, hanya pada hitungan nol koma sekian persen alias margin error yang minim. Nah, terkait dengan telah rampungnya rekapitulasi penghitungan suara dilaksanakan KPU Sumut dengan menghasilkan pemenang secara resmi pasangan Eramas, tentunya wajar kita sampaikan ucapan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara yang baru.   

Sedangkan kepada pesaingnya, pasangan Djoss, juga tidak lupa kita sampaikan terima kasih, karena telah turut serta memberikan kontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi di Sumatera Utara, yang secara umum berjalan dengan baik, lancar dan kondusif. Kepada pasangan Eramas dan segenap pendukungnya kita sampaikan selamat, dan kiranya dapat bersabar menunggu tibanya saat pelantikan, Oktober mendatang. Sembari menunggu pelantikan, diharapkan para pendukung dan pengusung, tidak larut dalam euforia berlebihan. Ketika Pilgubsu sudah dinyatakan selesai dan pemenangnya pun sudah dinyatakan resmi dan sah oleh KPU, maka mulai saat itu pula, semua hal berkaitan dengan Eramas dan Djoss harus segera diakhiri. Kini, mari sama-sama berbaur menjadi warga Sumatera Utara dan bersama-sama pula memberikan dukungan kepada gubernur baru, supaya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik membawa Sumut menjadi provinsi yang lebih baik dan bermartabat.(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Sep 2018 31°C 21°C
  • 20 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px