Logo
Print this page

Salman dan Harmoni Antarumat Beragama


Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud melakukan pertemuan dengan 28 tokoh agama yang ada di Indonesia. Berbeda dengan pertemuan kemarin, kali ini semua perwakilan dari masing-masing agama dikumpulkan di Hotel Raffles bersama Presiden Joko Widodo. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Raja Salman sangat senang dengan pertemuan yang dilakukan melibatkan seluruh tokoh agama di Indonesia. Raja melihat, keharmonisan yang digalang Pemerintah Indonesia mampu membuat negara ini minim konflik karena sistem perpolitkan tertata. Tak hanya itu, perekonomian pun bisa berjalan baik karena toleransi yang terjadi. "Ini dikarenakan adanya stabilitas yang terjadi karena adanya toleransi dan harmoni antarumat beragama," kata Retno menirukan ucapakan Raja Salman, Jumat (3/3).

Apresiasi dan pujian Raja Salman terhadap keharmonisan umat beragama di negara kita, justru muncul di tengah situasi yang berkembang belakangan ini di Tanah Air, yang justru potensial mengancam kerukunan umat beragama di seantero nusantara. Karena itu, pujian Raja Salman itu hendaknya dapat dijadikan cemeti dan iktibar bagi kita bersama, khususnya pihak pemerintah. Bahwa di mata dunia, termasuk Kerajaan Arab Saudi, keharmonisan antarumat beragama yang terjalin di Indonesia, selalu menjadi salah satu tolok ukur. Dengan kata lain, kita berharap kiranya potensi konflik yang dapat mengganggu harmoni antarumat beragama, yang terkesan agak kental terasa belakangan ini, hendaknya bisa segera diantisipasi, jangan sampai benar-benar mewujud menjadi sebuah kenyataan yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam hal ini tidak tertutup kemungkinan Raja Salman, yang dikenal sebagai sosok pemimpin yang moderat dan rendah hati ini, tidak mengetahui apa yang tengah melanda negara kita belakangan ini. Atau bisa jadi pula, beliau memiliki tujuan mulia, memberikan pujian seputar harmoni antarumat beragama di negara kita, supaya semua pihak di negeri ini, kembali menumbuhkan dan mengokohkan kesadaran bersama, tentang pentingnya tetap menjaga keharmonisan itu. Sebab, sejatinya tidak cuma Raja Salman saja, bahkan hampir seluruh dunia, selalu memandang dan menyebut Indonesia sebagai negara yang benar-benar mampu merawat kebersamaan dalam perbedaan serta senantiasa mampu bersatu dalam kebhinekaan.

Tentunya, kita sangat berharap agar reputasi Indonesia sebagai negara yang selalu kondusif di tengah perbedaan agama dan golongan itu, bisa terus dipertahakankan. Upaya mempertahankan citra positif Indonesia di mata dunia ini, merupakan kewajiban kita bersama. Agaknya, dalam konteks ini, pemerintah memiliki beban tanggung jawab lebih besar, supaya tidak pernah kenal lelah menjaga dan memelihara harmoni antarumat beragama di negara kita, antara lain dengan cara selalu mampu bersikap adil kepada umat beragama yang ada, secara rasional dan proporsional. Monggo mas....(**)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com