Logo
Print this page

Rivalitas Liverpool-City Bermula Lagi


Rasanya baru kemarin Liverpool sukses merengkuh gelar Liga Champions dan Manchester City mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Tidak terasa persaingan ketat liga terbaik itu segera bermula lagi pada Sabtu (10/8) dinihari, yang diawali pertandingan antara kandidat juara Liverpool menghadapi tim pendatang baru, Norwich City di Stadion Anfield.

Terkait dengan akan segera digelarnya liga terbaik di dunia itu, mantan bintang timnas Inggris, Alan Shearer, memberi prediksi terkait jalannya Premier League musim 2019/2020. Menurutnya, ada dua tim yang bakal bersaing yakni Manchester City dan Liverpool. Persaingan ketat antara kedua tim diprediksi masih akan terjadi. Apalagi, kekuatan mereka tidak banyak berubah.

Alan Shearer dengan keyakinan tinggi menyebut City dan Liverpool masih akan bersaing untuk gelar juara Premier League. Dengan standar yang sudah ditetapkan pada musim 2018/19 lalu, sulit bagi klub lain mengejar mereka. "Saya tidak melihat ada klub lain yang bisa menantang mereka berdua dalam perebutan gelar juara di bulan Mei 2020,"kata Shearer kepada The Sun.

Legenda Inggris dan Newcastle ini tentu tidak sekadar bicara. Dari pertemuan awal antara kedua klub ini di ajang Community Shield pekan lalu, jelas terlihat kedua klub menyajikan permainan sangat menjanjikan, yang sama-sama kuat dan berimbang. Bandingkan saat City berhadapan dengan Chelsea musim lalu yang berjalan timpang.

Pada pertandingan Community Shield itu, sesungguhnya Liverpool hanya kurang beruntung, karena penyelamatan gemilang Kyle Walker terhadap sontekan Salah, yang dalam posisi 99% gol, dan akhirnya kalah adu penalti, karena City memiliki kiper sarat pengalaman Claudio Bravo, yang juga pernah menggagalkan tendangan Lionel Messi pada adu penalti Final Copa America yang dimenangkan Chile beberapa tahun lalu.

Dari segi permainan, The Reds sangat mendominasi dan sebenarnya lebih layak memenangi pertandingan. Terbukti Mohamed Salah dkk menorehkan 19 kali attemps dengan 9 on target, sementara Jesus dkk hanya melakukan 8 attemps dan 3 on target. Liverpool juga unggul dalam ball possesion (sesuatu yang sangat langka terjadi saat menghadapi City dan tim besutan Pep Guardiola).

Karena itu sangat wajar jika Shearer dan hampir semua pengamat sepak bola memprediksi, kedua klub ini masih tetap akan sangat dominan. Mengapa demikian ? Penyebabnya tiada lain, karena selama berada di bawah besutan Guardiola, City sudah menjelma menjadi tim yang tangguh dan kompak. Begitu juga dengan Liverpool sudah kuat di semua lini, sehingga sukar bagi tim lain untuk mengalahkan kedua klub ini.

Agaknya karena itu pula, baik City maupun Liverpool, tidak terlalu sibuk mencari pemain baru di bursa transfer pemain kali ini. Soalnya mereka merasa sudah kuat dan lengkap, dari starting eleven hingga penghuni bangku cadangan. Liverpool misalnya sudah punya kiper terbaik dunia Alisson Backer, pertahanan tangguh Van Dijk, Joel Matip, Trent Arnold, di tengah ada Fabinho, Henderson, Keyta, Wijnaldum dan trio penyerang Mane-Salah-Firminho. Hal serupa juga ada di City.

Sebaliknya Manchester United, walaupun sudah jor-joran dan banyak menggelontorkan dana pada aktivitas bursa transfer kali ini. Namun tetap dianggap belum cukup kuat bersaing dengan Liverpool dan City, karena kekuatan tim asuhan Solksjaer ini belum merata di semua lini. Begitu juga Arsenal dan Chelsea dengan pelatih minim pengalaman (Frank Lampard) diyakini tidak akan bisa berbuat banyak.

Justru yang lebih potensial menggoyang dominasi City dan Liverpool adalah Tottenham Hotspur, sebab di bawah arahan Mauricio Pochettino, Harry Kane dkk terus mencatatkan trend permainan meningkat dan stabil di pra musim. Selain itu, manajemen klub juga aktif mencari pemain baru di bursa transfer kali ini.

Liga Inggris yang selalu digelar lebih cepat dari Liga Spanyol dan Italia, tentu sangat menggembirakan penggemar sepak bola. Itu bermakna, rivalitas antara Liverpool dan City bermula lagi. Menarik ditunggu, apakah racikan Jurgen Klopp kali ini mampu membalikkan keadaan dan mengantarkan Jordan Henderson dkk meraih gelar juara. Semoga...(**)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com