Log in

Rakyat Menunggu Rekrutmen CPNS


Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Tim Kelompok Kerja (Pokja) dan Quality Assurance Panitia Seleksi Nasional (QA Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 melakukan koordinasi terkait rekrutmen CPNS. Dikutip dari situsweb BKN, dilakukan beberapa hal untuk mematangkan persiapan rekrutmen CPNS. Yaitu: 1. Membuat portal SSCN menjadi user friendly Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, kesiapan infrastruktur yang berada di bawah pengelolaan BKN di antaranya portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam mendukung rekrutmen CPNS yang objektif dan akuntabel.

Menurut dia, portal SSCN akan lebih user friendly, dengan adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasi kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan. 2. Informasi real time Ridwan mengatakan, calon pendaftar juga akan mendapatkan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dari kementerian/lembaga/daerah tertentu. Kepastian rekrutmen CPNS ini menjadi sesuatu yang paling ditunggu oleh rakyat Indonesia, khususnya kalangan generasi muda bangsa, yang puluhan juta terpaksa menjadi pengangguran, setelah lama tidak bisa mendapatkan pekerjaan, padahal sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat pendidikan tinggi.

Pengangguran usia muda ini memang sudah lama menjadi persoalan klasik di tengah bangsa kita. Sebab, jumlah penduduk kita yang terus meningkat ditandai dengan bertambahnya anak-anak bangsa yang setiap tahun, puluhan ribu menyelesaikan pendidikan di jenjang strata-1 (S1). Terus bertambahnya jumlah pengangguran usia muda ini, jika tidak segera diatasi, akan memicu munculnya berbagai persoalan di tengah masyarakat. Maraknya angka kriminilitas di tengah masyarakat, seperti begal, pencurian, dan juga narkoba, tidak terlepas dari banyaknya pengangguran.

Para penganggur ini, jika tidak segera diberikan kesibukan (bekerja), jelas sangat mudah tergoda melakukan perbuatan dan tindakan yang merugikan dirinya sendiri, masyarakat dan orang tua. Pengangguran juga sangat membebani orang tua, karena anak-anak jaman now, tidak hanya harus disekolahkan, melainkan juga harus dicarikan pekerjaannya. Dalam hal ini, wajar jika rekrutmen CPNS itu benar-benar sangat ditunggu. Tentunya diharapkan rekrutmen CPNS yang dilaksanakan bisa menampung lebih banyak lulusan baru perguruan tinggi, dengan cara menyediakan lebih banyak formasi, antara lain dengan melakukan percepatan pensiun bagi PNS yang sudah tidak produktif lagi. Di sisi lain, pemerintah juga hendaknya mampu mendorong kalangan pengusaha yang bergerak di bidang swasta supaya ikut memberikan lebih banyak peluang bagi kalangan generasi muda bangsa untuk menjadi tenaga kerja baru. Artinya, seluruh potensi penyediaan lapangan kerja di republik ini hendaknya lebih mengutamakan tenaga kerja sendiri dan menafikan pemanfaatan tenaga kerja asing. Monggo...(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 28°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px