Log in

Pilgubsu : Erry Nuradi Pole Position


Partai NasDem resmi mendeklarasikan Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) untuk bertarung di Pilgub 2018. Surat rekomendasi kepada Erry Nuradi diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/11).

Di hadapan puluhan ribu massa kader dan simpatisan yang memadati Lapangan Merdeka Medan, Surya Paloh dalam pidato politiknya membeberkan sejumlah alasan sehingga Partai NasDem memutuskan merekomendasikan dukungan kepada Erry Nuradi sebagai Cagubsu 2018-2023.     

Di antaranya, karena Erry Nuradi yang notabene saat ini Gubernur Sumatera Utara dinilai Partai NasDem masih merupakan sosok yang terbaik untuk kembali memimpin dan melanjutkan pembangunan di Sumatera Utara. Surya Paloh bahkan mengaku kalau Presiden Jokowi pun sepaham dengan dirinya menempatkan Erry Nuradi sebagai Cagubsu yang didukung Partai NasDem.

"Bapak Presiden secara khusus menanyakan kepada saya, siapa calon Gubernur Sumut, saya katakan Tengku Erry Pak Presiden. Oh itu bagus orangnya, bagus. Jadi ternyata saya dan Presiden sepakat Tengku Erry bagus untuk melanjutkan pembangunan di daerah ini. Apa yang saya rasakan, ternyata sama dengan yang dirasakan Bapak Presiden tentang Tengku Erry," ungkap Surya Paloh.

Dengan telah dideklarasikannya dukungan Partai NasDem kepada Erry Nuradi yang notabene merupakan kandidat petahana, maka bisa disebut jika perhelatan Pilgubsu dapat diibaratkan dengan balapan Formula 1 atau MotoGP, maka suami Evi Diana ini bisa disebut telah menempati pole position.

Lazimnya sebuah balapan Formula 1 dan MotoGP, mereka yang menempati pole position memiliki peluang paling besar untuk meraih kemenangan. Apalagi status Erry Nuradi sebagai 'juara bertahan' (petahana) memang sangat menguntungkan, dan membuat peluangnya mempertahankan kedudukan (kursinya) jauh lebih besar dibanding yang lain.

Selain itu, Erry Nuradi bisa disebut menempati pole position, sebab sudah hampir dipastikan akan melenggang sebagai kandidat, yang sebelumnya sudah mengantongi dukungan dari Partai Golkar, PKB, PKPI, dan kini menyusul Partai NasDem. Berbekal dukungan parpol yang sangat signifikan ini, membuat posisi Erry memang jauh lebih unggul, meninggalkan para pesaingnya.

Ketika Erry sudah dianggap akan melaju mengayuh perahu pencalonan dirinya, yang berduet dengan Ngogesa Sitepu, para kandidat lainnya justru masih berada di tengah ketidakpastian. Edy Rahmayadi misalnya hingga kini belum juga memperoleh kepastian akan didukung oleh parpol mana saja.

Sementara, kandidat Partai Demokrat JR Saragih yang digembar-gemborkan pendukungnya akan dipasangkan dengan putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais (PAN), justru mendapat bantahan keras dari internal PAN, termasuk dari sang pendiri, Amien Rais.

Begitu para kandidat lainnya, yang sebelumnya disebut-sebut akan ikut bersaing seperti Tifatul Sembiring, Romo Raden Syafii, Gus Irawan Pasaribu, dan Syamsul Arifin, hingga kini tidak juga diperoleh titik terangnya. So far, baru Erry Nuradi yang sudah jelas dan nyata perahunya. Wajar jika mantan Bupati Sergai ini menempati pole position dan sangat diunggulkan.(**)  

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px