Log in

Pilgubsu 2018, ERAMAS Terdepan


Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS) mendaftar ke KPU Sumut, Senin (8/1). Edy-Musa yang diusung enam partai politik ini diantarkan ratusan pendukungnya yang diramaikan dengan iringan musik yang dimainkan kelompok drum band. Seluruh pimpinan daerah parpol pengusung dan pendukung turut mengantarkan Edy-Musa mendaftar ke KPU Sumut. Terlihat di antaranya Ketua DPD Golkar Sumut Ngogesa Sitepu, Ketua DPD Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu, Ketua Hanura Sumut Kodrat Shah, Ketua DPW PKS Sumut M Hafeez, Ketua DPW PAN Sumut Yahdi Khoir Harahap, dan juga Ketua Nasdem Sumut Tengku Erry Nuradi. Rombongan itu menjejakkan kaki di gedung KPU Sumut sekitar pukul 11.15 WIB. Mereka diterima Komisioner KPU Sumut yang dipimpin Ketua KPU Sumut Mulia Banurea. Ketua tim pemenangan Edy-Musa Afifudin Lubis kemudian menyerahkan seluruh dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.

Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, pihaknya akan meneliti dokumen persyaratan yang diserahkan pasangan Edy-Musa ke KPU. "Seluruh dokumen akan diperiksa terlebih sebelum dinyatakan diterima," kata Mulia. Tidak terbantahkan lagi, pada perhelatan Pilkada Sumatera Utara kali ini, pasangan ERAMAS benar-benar terdepan dalam berbagai aspek. Di antaranya ERAMAS terdepan melakukan deklarasi di Lapangan Merdeka, serta menjadi terdepan pula melakukan pendaftaran ke KPU Sumut. Ketika parpol lain, seperti PDI Perjuangan masih melakukan lobi-lobi politik ke PKB dan PPP, serta Partai Demokrat baru mengumumkan pasangan kandidat yang diusung pada Minggu petang, ERAMAS justru jauh sebelumnya sudah diusung tiga partai (Gerindra, PKS dan PAN).

Kendati berbekal tiga partai ini, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah sudah memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai pasangan calon, namun belakangan secara bergelombang berdatangan tambahan dukungan parpol, dari Partai Golkar, NasDem dan menyusul Partai Hanura. Dengan demikian ERAMAS secara resmi sudah diusung enam parpol besar atau mendapatkan dukungan 60 kursi yang ada di DPRD Sumatera Utara. Padahal, persyaratan dukungan yang dibutuhkan hanya 20 kursi. Persyaratan minimal itulah yang kini digunakan koalisi Partai Demokrat-PKB-PKPI untuk mengusung JR Saragih-Ance Selian, serta menyusul koalisi PDIP-PPP mengusung Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Berbekal dukungan parpol yang sangat signifikan itu, memang tidak berlebihan, jika diibaratkan dengan balapan Formula One atau MotoGP, pasangan ERAMAS menyabet pole position (posisi terdepan) dan sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan. Prediksi awal, bahwa pasangan ERAMAS bakal berada di garda depan dalam mencatatkan kesuksesan, bukanlah sebatas di atas kertas semata, melainkan terlihat dari kesiapan yang diperlihatkan pasangan ini. Seperti diketahui, pasangan ini sudah digadang-gadang sejak jauh-jauh hari, sehingga sudah memiliki chemistry serta basis pendukung yang riil. Mencermati peta kekuatan yang ada, sangat wajar, jika banyak pihak memprediksi pasangan ini akan mulus menuju kursi Sumut 1 dan 2. Demikianlah...(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Apr 2018 28°C 22°C
  • 22 Apr 2018 28°C 23°C

Banner 468 x 60 px