Logo
Print this page

Pejabat Jangan Gaptek


Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengajak setiap pejabat publik untuk memiliki dan menggunakan akun media sosial. Hal ini diperlukan, agar pejabat publik dapat cepat merespons apa yang diinginkan masyarakat. "Setiap pejabat publik sudah saatnya punya akun media sosial, agar cepat dapat merespons apa yang diinginkan oleh publik,"katanya saat tampil sebagai Keynote Speech dalam Rapat Kerja Nasional Komisi Informasi seluruh Indonesia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kemarin. Mengenai pengelolaan informasi publik, menurut Rudiatara, ada tiga hal penting yang perlu menjadi perhatian badan publik. Pertama yakni transparansi informasi, kedua partisipasi dan ketiga aksesibilitas.

Imbauan yang disampaikan Menkominfo Rudiantara di atas merupakan hal yang wajar. Sebab, sudah menjadi rahasia umum, masih cukup banyak pejabat publik utamanya di daerah yang gagap teknologi (gaptek) alias tak paham dengan tetek bengek media sosial. Masih banyaknya pejabat di daerah yang gaptek tersebut, antara lain disebabkan latar belakangnya yang bisa jadi bukan dari kalangan yang benar-benar terdidik (educated), dan bisa juga karena yang bersangkutan memiliki kepribadian tertutup, sehingga dirinya merasa tidak perlu memiliki akun di media sosial, seperti facebook, twitter, atau instagram.

Sementara itu, para pejabat publik dan elite politik di negara-negara maju semisal Amerika Serikat misalnya, tokoh-tokoh terkenal seperti Barack Obama, Hillary Clinton, Donald Trump, sudah terbiasa menyampaikan pendapat dan pokok pikirannya melalui twitter. Hal serupa juga dilakoni Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic, Presiden Pakistan yang baru terpilih Imran Khan, juga Presiden kita Joko Widodo, dan mantan Presiden SBY. Politisi kondang kita seperti Fadli Zon, Zulkifli Hasan, Fahri Hamzah, juga sangat rajin mengupdate informasi melalui akun twitter. Kita juga bersyukur, Gubernur Sumatera Utara terpilih, Letjen (Purn) TNI Edy Rahmayadi, yang juga Ketua Umum PSSI juga selalu aktif di medsos melalui akun twitternya.

Dunia saat ini sudah memasuki era milenial yang ditandai dengan semakin cepatnya arus informasi melalui media sosial. Karena itu, sangat naif bila sampai sekarang, masih terdapat pejabat publik yang tidak memiliki akun di media sosial. Nah, sejalan dengan imbauan yang disampaikan Menkominfo Rudiantara di atas, diharapkan para pejabat publik segera belajar dan mulai membiasakan diri aktif di media sosial. Kini, eranya keterbukaan dan transparansi. Tidak ada lagi yang perlu ditutup-tutupi dan takutkan. Dengan kata lain, mereka yang telah diberi amanah menjadi pejabat publik berkewajiban membuka diri dan terus mengupdate perkembangan realisasi program pembangunan dan kebijakan publik yang dilaksanakan institusi yang dipimpinnya. Monggo...(**)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com