Logo
Print this page

Musim Syukuran pun Tiba


Setelah selesai dengan pelantikan anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota, DPR-RI, DPD, tidak berapa lama kemudian ditindaklanjuti dengan adanya pelaksanaan acara syukuran, atas selesainya pelantikan sebagai anggota legislatif tersebut. Ketika musim syukuran pun tiba, maka pada Sabtu hingga Minggu sejak awal September hingga kini, masih diramaikan dengan acara syukuran para anggota dewan itu.     

Acara syukuran ini juga tak jarang berubah menjadi ajang unjuk kebolehan bernyanyi diiringi keybordis amatir. Anggota dewan terpilih asyik masyuk berdendang-ria dan berjoget dengan para undangan lainnya. Acara syukuran juga lazimnya dihadiri para konstituen, pimpinan dan simpatisan partai, serta sejumlah pejabat di daerah tersebut.

Pelaksanaan syukuran yang digelar para wakil rakyat itu, demi memenuhi harapan para konstituennya, sekaligus sebagai ajang untuk menyampaikan ucapan terima kasih karena telah ikut berkontribusi menghantarkannya menjadi anggota dewan, merupakan hal yang wajar. Bahkan, bisa dianggap sebagai aneh dan sombong, jika yang bersangkutan tidak mengadakan acara syukuran.

Nah, ketika musim syukuran pun tiba, ternyata tidak hanya dilakoni oleh wakil rakyat dan pejabat saja. Komisioner terpilih KPK yang baru akan dilantik pada Desember mendatang, Lili Pintauli Siregar juga menggelar acara syukuran di kediamannya di Jalan Garu VI Medan, Minggu kemarin. Sebagai umat beragama, melaksanakan acara syukuran, merupakan hal yang wajar dan patut diapresiasi.

Namun hal yang patut dipertanyakan dari syukuran yang dilaksanakan Komisioner terpilih KPK ini adalah pelaksanaan acara yang banyak dihadiri para pejabat dan mantan pejabat tersebut. Diperoleh keterangan, acara itu dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, dan mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Susno Duadji.

Pada kesempatan itu, Lili Pintauli Siregar menyatakan kegembiraannya atas kehadiran para undangan. Disebutkan, hal itu menjadi energi baginya dalam menjalankan tanggung jawab yang diemban."Semoga pertemuan ini membawa manfaat bagi kita semua dan meningkatkan sinergitas kita bersama dalam upaya mencegah dan mengentaskan masalah korupsi yang ada,"harapnya.

Kita tidak mengetahui persis, apakah kehadiran para pejabat itu diundang atau memang sengaja hadir karena mengetahui bakal ada acara itu. Tetapi, pastinya mereka tidak akan mungkin hadir begitu saja tanpa diundang. Di sisi lain, dipastikan Lili memiliki niat yang baik mengundang para pejabat ke acaranya itu. Begitupun, harus dimaklumi pula jika banyak yang mempertanyakan kehadiran para pejabat tersebut. Apalagi, yang bersangkutan belum dilantik secara resmi sebagai komisioner.

Dalam hal ini, kita teringat apa yang pernah dilakoni Abdullah Hehamahua saat menjabat sebagai Penasihat KPK. Menurut keterangan, saat diundang misalnya ke Medan untuk tampil sebagai pembicara di sebuah seminar, mantan ketua umum PB HMI ini tidak pernah mau dijemput oleh panitia. Dia akan datang sendiri menggunakan taksi atau kendaraan lainnya, karena dia merasa kehadirannya sudah dibiayai oleh KPK.

Dengan kata lain seseorang yang sudah diberi amanah menjadi Komisioner KPK, seharusnya mampu menjaga tindak tanduknya, jangan sampai menimbulkan pertanyaan di kalangan publik. Karena itu akan jauh lebih ideal dan bermartabat, jika syukuran Komisioner KPK itu hanya mengundang kaum kerabat, warga setempat, kalangan LSM, jurnalis dan tokoh masyarakat.

Kalau anggota dewan merasa bangga berswafoto dengan para pejabat yang menghadiri acara syukuran pelantikannya, merupakan hal yang wajar. Tetapi, jika hal yang sama juga dilakukan oleh Komisioner KPK, tentu sangat wajar pula jika banyak yang mengungkapkan keprihatinannya sekaligus mempertanyakan urgensi acara syukuran dan kehadiran para pejabat tersebut.(**) 

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com