Log in

Menyiasati Side Effect Bencana Banjir


Ketua Fraksi NasDem DPRD Sumatera Utara, Drs H Anhar Monel MAP mengapresiasi sikap yang diperlihatkan Gubsu HT Erry Nuradi, yang cepat tanggap dalam menghadapi terjadinya bencana alam berupa banjir yang melanda sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara. "Kita mengapresiasi sikap responsif Gubsu HT Erry Nuradi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Provsu, yang langsung turun ke lokasi bencana banjir di Kota Tebing Tinggi dan menyapa warga yang terkena dampak banjir tersebut,"kata Anhar Monel kepada andalas, Senin (4/12).

Anhar Monel mengatakan, sikap Gubsu HT Erry Nuradi yang langsung menunjukkan kepeduliannya dengan mendatangi lokasi banjir, padahal baru tiba dari kunjungan kerja di Jepang, sekaligus merupakan bukti nyata, bahwa keinginan mewujudkan pelayanan prima melalui Sumut Paten, bukan sebatas lip service belaka. Nah, terkait dengan sikap Gubsu yang sangat responsif itu, Anhar Monel minta agar pihak Dinas Sosial Pemprovsu dan kabupaten/kota juga jangan sampai ketinggalan, dan harus segera merespon dengan cara secepatnya menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan masyarakat yang terkena korban banjir.

Pendapat yang disampaikan Anhar Monel di atas benar adanya. Bahwa, para pejabat di daerah ini, memang sudah sepatutnya segera tanggap, jika terjadi bencana, seperti banjir bandang yang meluluhlantakkan kota lemang Tebing Tinggi tersebut. Namun, mengunjungi lokasi banjir serta menyambangi masyarakat yang terkena banjir saja, tentulah tidak cukup. Sebab, menjelang tahun politik 2018, ketika seseorang terlihat gesit mendatangi lokasi-lokasi bencana, juga bisa dianggap sebagai upaya pencitraan belaka.   

Karena itu, Gubsu HT Erry Nuradi harus mampu memenej segenap jajarannya, utamanya pihak BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PSDA, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian serta bersinergi dengan pihak PLN, menyiasati side effect negative (efek samping negatif) dari terjadinya bencana banjir. Tidak terbantahkan, terjangan banjir yang cukup dahsyat di Tebing Tinggi serta berbagai daerah lain di Sumatera Utara, akan menimbulkan side effect negative berupa terjadinya kerusakan lahan persawahan warga, kerusakan lokasi usaha, kerusakan sarana pendidikan, serta berbagai kerusakan lainnya.

Side effect negative lainnya berupa adanya ancaman berbagai jenis penyakit yang disebabkan rendaman air di permukiman warga, yang memicu munculnya benih penyakit semisal malaria, demam, gatal-gatal, serta berbagai penyakit lainnya. Dampak yang ditimbulkan banjir tersebut dapat bersifat masif, sehingga penyelesaiannya pun membutuhkan kebijakan yang bersifat komprehensif dan sinergis. Karena banjir terparah melanda Tebing Tinggi, sudah sepatutnya Pemprovsu dan pemerintahan kabupaten/ kota segera ikut turun tangan memberikan bantuan riil, yang dapat meminimalisir terjadinya side effect negative dari serbuan banjir bandang yang membuat warga harus lintang pukang tersebut. Monggo...(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px