Log in

Menyelamatkan Rupiah Tugas Pemerintah


Melemahnya mata uang rupiah membuat perekenomian Indonesia semakin jatuh terpuruk. Menurut Politikus PKS, Handi Risza kebijakan pemerintah menentukan nasib ekonomi Indonesia ke depan. "Dalam jangka pendek akan terbantu dengan kebijakan moneter dan intervensi pasar Bank Indonesia," kata Handi, kemarin. Hanya saja menurut Handi, kebijakan ini hanya mampu menahan agar pelemahan rupiah tidak jatuh terlalu dalam. Yang harus dilakukan Bank Indonesia menurut dia, adalah mengatur keberadaan devisa hasil ekspor agar dapat ditempatkan di dalam negeri dan dikonversi dalam bentuk rupiah.

"Tentunya, ke depan juga tidak hanya mengandalkan kebijakan BI semata, mengingat cadangan devisa (cadev) yang terus menurun ini," kata Handi. Setidaknya terdapat sejumlah dampak negatif yang dialami masyarakat, dengan terus melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika. Antara lain, pertumbuhan ekonomi melambat. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2015 mengalami perlambatan, dengan tumbuh sebesar 4,6 persen. Angka ini menurun jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2015 sebesar 4,7 persen.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) meningkat. PHK terjadi pada industri yang selama ini menggantungkan bahan baku dari impor. Buruh yang di PHK terus meningkat jumlahnya, seiring dengan terus melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Pengangguran meningkat. Jumlah pencari kerja setiap tahun sekitar 2,5 juta orang. Dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi sebelumnya, maka banyak pencari kerja yang masih menganggur, sekarang ditambah lagi dengan buruh yang di PHK. Inflasi bahan pangan meningkat. Meningkatnya inflasi di bidang sembako, sangat terkait erat dengan kebijakan masa lalu yang import minded. Dalam lima tahun terakhir, inflasi sembako setiap tahun mencapai 60 persen.

Melemahnya rupiah juga akan menyebabkan kemiskinan meningkat. Kalau barang-barang terutama sembako meningkat harganya, penghasilan tidak meningkat bahkan tidak mempunyai penghasilan karena di PHK dan menganggur, maka otomatis kemiskinan meningkat. Dampak lainnya adalah daya beli menurun. Konsekuensi logis meningkatnya harga-harga barang terutama sembako dan penghasilan tidak meningkat, bahkan penghasilan hilang karena di PHK dan menganggur, maka otomatis daya beli masyarakat akan menurun.

Kesejahteraan masyarakat menurun. Dampak selanjutnya ialah menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat (kesmas). Gizi masyarakat menurun. Angka putus sekolah meningkat terutama mereka yang sekolah di swasta dan sedang kuliah di perguruan tinggi. Hal-hal di atas juga menyebabkan meningkatnya depresi di tengah masyarakat. Menyikapi berbagai dampak yang bisa terjadi akibat melemahnya rupiah tersebut, maka pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi memiliki tugas berat, yaitu berkewajiban menyelamatkan rupiah. Harus diingat, menyelamatkan rupiah adalah tugas pemerintah, dan jangan dibebankan kepada rakyat. (**)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px