Logo
Print this page

Mengembalikan Kejayaan Tanah Karo


Gubsu Edy Rahmayadi secara resmi membuka even wisata berskala nasional, Festival Bunga dan Buah Tahun 2019 di Open stage Taman Mejuah-juah Berastagi, Jumat. Even wisata yang sudah terdaftar sebagai salah satu agenda wisata di Kementerian Pariwisata itu dengan tag line “Joyful” Kabupaten Karo yang artinya Kabupaten Karo menyenangkan, suka cita, atau menggembirakan ditekankan pada upaya mempromosikan atau memperkenalkan segenap potensi wisata untuk menjadi daya tarik wisatawan, selain memperkenalkan industri ekonomi kreatif, budaya dan kearifan lokal.

Gubsu mengatakan, ke depan infrastruktur kita benahi, sekarang sudah ada pembahasan rencana Mebidangro. Konsep Menidangro adalah Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo. Ini semua akan menjadikan wilayah yang saya sebut akan difokuskan pembangunan. "Untuk itu, di lain waktu saya akan datang lagi ke sini pak bupati, kita sama-sama membenahi kota wisata yang indah ini, khususnya wilayah wisata Puncak Bukit Gundaling, yang menjadi ikon kota wisata Berastagi, kita kembalikan ke zamannya dulu, bahwa Bukit Gundaling banyak diminati turis mancanegara,"katanya.  

Bupati Karo Terkelin Brahmana, dalam sambutannya menyampaikan, tema  Festival Bunga dan Buah tahun 2019 sebagai sarana promosi potensi unggulan Kabupaten Karo. Event pariwisata berskala nasional ini dengan penekanan pada sisi pemanfaatan bunga, buah dan sayur sebagai daya tarik wisata. Sub tema "Melalui Festival Bunga dan Buah tahun 2019 mari kita tingkatkan kunjungan wisata ke Tanah Karo".

Sejak dahoeloe, Tanah Karo memang sudah dikenal luas sebagai salah satu destinasi wisata kebanggaan Provinsi Sumatera Utara. Namun, belakangan ini, keberadaan Berastagi, Gundaling dan sejumlah lokasi wisata di Tanah Karo, mulai meredup, kendati daerah itu tetap menjadi salah satu destinasi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

Mengapa para wisatawan banyak yang enggan ke Tanah Karo ? Penyebabnya tiada lain, karena kondisi infrastruktur ke sana yang kurang mendukung. Jalanan sempit dan penuh tikungan, hampir selalu terjadi kamacetan panjang, yang membuat perjalanan menuju Berastagi menjadi kurang nyaman. Sebab, tidak jarang harus menghabiskan waktu berjam-jam karena terjadinya kemacetan.

Selain itu, kenyamanan para pengunjung juga harus bisa benar-benar diwujudkan. Antara lain dengan tetap meningkatkan kebersihan di sekitar lokasi wisata yang ada, serta yang tidak kalah penting adalah terwujudnya suasana keamanan yang benar-benar kondusif. Yakni, mampu memberikan jaminan keamanan bagi para turis.

Di sisi lain terkait dengan upaya mengatasi kemacetan yang sering terjadi tersebut, sebenarnya selama kepemimpinannya, Bupati Karo Terkelin Berahmana sudah banyak berbuat dan melakukan berbagai terobosan ke pemerintahan pusat, untuk melakukan pembukaan jalan pintas, dan terbukti telah berhasil. Yaitu jalan tembus Langkat-Tanah Karo.

Namun, jalan tembus itu saja kelihatannya belumlah memadai. Diperlukan pembangunan jalan tol Medan-Berastagi, sebagai alternatif untuk mengatasi kemacetan Berastagi-Karo, yang hingga kini masih tetap terjadi. Karena itu keinginan untuk mengembalikan kejayaan Tanah Karo sebagaimana disinggung Gubsu Edy Rahmayadi, hanya mungkin bisa diwujudkan apabila pembangunan infrastruktur bisa direalisir.

Kita meyakini jika terdapat sinergi antara Pemprovsu dengan Pemerintah Kabupaten Karo plus dukungan dari pemerintah kabupaten di sekitar Karo, seperti Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tobasa, diyakini pembangunan jalan tol yang sangat strategis tersebut akan bisa segera diwujudkan. Keberadaan jalan tol ini merupakan salah satu key factor dalam upaya mengembalikan kejayaan Tanah Karo di masa kini dan masa mendatang. Mejuah-juah banta karina.(**)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com