Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Mengapresiasi Kepedulian Inalum


Plt Direktur Pelaksana PT Inalum, Oggy Achmad Kosasih menyebutkan, selama tahun 2018 Inalum telah membukukan laba bersih sekitar USD 77 juta, berkat beroperasinya 481 tungku peleburan yang didukung energi listrik yang mamadai dari 4 turbin PLTA Siguragura dan 4 turbin PLTA Tangga dengan permukaan air Danau Toba rata-rata 903,48 meter.

“Selama tahun 2018, INALUM mampu memproduksi aluminium batangan (ingot) sebanyak 219.306 ton dan produk diversifikasi (billet & Alloy) sebanyak 22.737 ton,” ungkapnya. Dengan raihan kesuksesan tersebut, PT INALUM enunjukkan komitmen dan kepedulian sosialnya menyalurkan dana PKBL dan CSR selama tahun 2018 menyalurkan dana sebesar Rp31,9 miliar.

Oggy menambahkan, bahkan dalam kurun waktu Januari–April 2019, PT Inalum juga menyalurkan sekitar Rp12,5 miliar untuk beragam kegiatan sosial kemasyarakatan dan peningkatan perekonomian usaha kecil dan menengah, baik berbentuk pelatihan, penyaluran dana pinjaman, pelestarian alam, bantuan kepada korban bencana, bantuan pangan murah, pemberian beasiswa, bantuan sarana ibadah dan beragam kepedulian sosial lainnya.

Besarnya laba yang diperoleh PT Inalum tersebut, tentunya tidak hanya menggembirakan bagi jajaran direksi dan keluarga besar Inalum, melainkan juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, keberadaan Inalum merupakan aset bangsa, karena statusnya sudah BUMN.

Inalum merupakan BUMN pertama dan terbesar Indonesia yang bergerak di bidang peleburan aluminium. Besarnya potensi kelistrikan yang dihasilkan dari aliran Sungai Asahan membuat Pemerintah Indonesia mengundang perusahaan konsultan pembangunan asal Jepang, Nippon Koei untuk melakukan studi kelayakan pembangunan PLTA di Sungai Asahan. Studi kelayakan tersebut menyarankan agar produksi kelistrikan diserap oleh industri peleburan aluminium.

Maka dengan itu, pemerintah menindaklanjuti studi kelayakan tersebut bersama pihak Jepang untuk secara bersama mendirikan perusahaan untuk mengelola proyek Asahan dengan perusahaan yang bernama Indonesia Asahan Aluminium dengan ditandatanganinya kerja sama untuk pengelolaan bersama kawasan Sungai Asahan pada tanggal 7 Juli 1975.

Namun bukan soal besarnya laba itu yang menjadi perhatian kita, melainkan tetap tingginya komitmen sosial Inalum. Sejak berdiri hingga sekarang, Inalum selalu memperlihatkan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar. Antara lain dengan rutin menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) yang jumlahnya sangat signifikan dan penyalurannya dapat dirasakan masyarakat manfaatnya.

Selain tetap memperlihatkan kepedulian sosial secara terus-menerus, jajaran direksi Inalum juga berhasil menjalin kemitraan sangat baik dengan semua kalangan, termasuk dengan insan pers. Di samping kerap melaksanakan press tour, Inalum juga rutin menggelar buka bersama dengan kalangan pers dan jajaran penerangan.

Terkait dengan hal itu, sudah selayaknya kita memberikan apresiasi tinggi kepada Inalum, yang tidak hanya melulu memikirkan soal untung dan rugi, melainkan tidak pernah abai untuk ikut berpartisipasi memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pelestarian alam, termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba.

Semangat ini diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggung jawab sosial yang mencakup berbagai bidang. Kita berharap kiranya Inalum terus berjaya dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan republik tercinta, sehingga Inalum akan mengejawantah sebagai BUMN terdepan yang tak henti memberi sumbangsih bagi negara, demi peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia. Semoga...(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C