Log in

Memaknai Hari Kemerdekaan


Besok, 17 Agustus 2018, seluruh rakyat Indonesia akan mengenang dan memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah memasuki usia ke-73. Kebebasan kita dari belenggu penjajahan tentunya berkat jasa para pahlawan kemerdekaan serta proklamator, Soekarno-Hatta. Menjelang, menyambut dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia itu, selalu disertai dengan digekarnya berbagai perlombaan dan peringatan Detik Detik Proklamasi pada 17 Agustus. Sejumlah perlombaan yang digelar antara lain berupa lomba panjat pinang, makan kerupuk, lari goni, sepak bola, domino, trup gembira, serta berbagai perlombaan lainnya.

Sementara itu, rumah-rumah penduduk disemarakkan dengan pemancangan bendera merah putih. Sedangkan, kantor-kantor instansi pemerintahan juga diwarnai pemasangan bendera dan umbul-umbul berwarna meraah putih, yang menambahkan kesemarakan penyambutan HUT RI. Pihak pemerintah sendiri sudah menetapkan HUT ke-73 dengan slogan : 'KERJA KITA, PRESTASI BANGSA'. Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini terinspirasi dari kata Kerja yang berarti adanya pergerakan/aktif. Kata energi yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja.

Mencermati usia kemerdekaan bangsa kita yang sudah 73 tahun tersebut, sejatinya sudah memasuki usia matang, sekaligus bermakna Indonesia sebagai sebuah bangsa, semestinya sudah memasuki tahapan kehidupan yang semakin baik dan terbebas dari keterpurukan. Namun, sebagaimana dirasakan dan banyak dikeluhkan masyarakat, memasuki usia ke-73 tahun ini, kehidupan rakyat ternyata masih tetap dalam situasi memprihatinkan. Terbukti, masih sangat banyak rakyat yang mengeluhkan harga-harga yang sulit dijangkau ditambah dengan rendahnya harga produksi pertanian mereka. Di sisi lain generasi muda bangsa juga masih cukup banyak yang hidup di tengah situasi kurang menguntungkan. Pasalnya, ketika mereka sudah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikannya hingga strata 1 (S1), tak kunjung mampu mendapatkan pekerjaan yang baik. Kalaupun bisa mendapatkan pekerjaan, acapkali tidak sesuai dengan bidang keilmuan yang mereka geluti di bangku perkuliahan plus insentif yang didapatkan, tidak sesuai dengan harapan di tengah terus melonjaknya harga kebutuhan sehari-hari.  

Karena itu, sejalan dengan slogan yang dikumandangkan pemerintah menyambut HUT ke-73 RI kali ini yakni kerja kita, prestasi bangsa', diharapkan tidak berhenti sebatas jargon belaka, melainkan dapat diejawantahkan dalam kehidupan nyata sesuai ekspektasi rakyat Indonesia. Kemerdekaan hanya akan terasa bermakna bagi rakyat Indonesia, jika mereka merasa bisa hidup lebih nyaman dan sejahtera serta tidak dijejali dengan kegaduhan politik yang memuakkan. Dalam hal ini menjadi kewajiban pemerintah untuk membuktikan kerja nyatanya kepada rakyat, berupa semakin meningkatnya kesejahteraan rakyat disertai oleh terwujudnya harmoni di tengah masyarakat. Ditunggu...(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px