Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

Manusia pun Butuh Penjara


Musikus Ahmad Dhani mengatakan, penjara merupakan salah satu anugerah terbaik yang diberikan Allah SWT kepadanya. Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. "Bahwa selain keluarga saya penjara itu adalah anugerah terbaik dari Allah SWT," kata Dhani di kediamannya, di Jalan Pinang Mas III, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jaksel, Senin pekan lalu.

Dia berterimakasih kepada pelapor yang telah membuatnya dipenjara. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada polisi dan jaksa."Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada pelapor, mengucapkan terima kasih kepada bapak polisi, jaksa, dan hakim yang sudah membuat saya terpenjara, karena menurut saya 11 bulan ini adalah sebuah anugerah yang luar biasa," ujarnya.

Dalam sepekan ini, kita dihebohkan dengan dua peristiwa berbeda, namun berujung pada keharusan menghabiskan sisa hidup di penjara. Kasus predator seksual menghebohkan di Manchester Inggris yang menempatkan mahasiswa Indonesia Reynhard Sinaga sebagai aktor utamanya, telah disidangkan dan memutuskan yang bersangkutan menerima hukuman penjara seumur hidup.

Kemudian, kita juga dikejutkan dengan ditetapkannya Zuraida Hanum sebagai dalang di balik meninggalnya Hakim PN Medan, Jamaluddin. Ternyata Jamaluddin dihabisi sang istri muda di rumahnya sendiri dibantu dua eksekutor JP dan RF. Parahnya lagi, aksi pembunuhan ini dilakukan di depan putrinya yang sendiri, yang disebut sedang tidur dan sempat terbangun.

Bisa jadi sang putri semata wayang buah cinta Zuraida Hanum dan Jamaluddin itu, pada akhirnya hanya pura-pura tidur. Selanjutnya peristiwa yang didengar dan dilihatnya ini akan menjadi bayang-bayang hitam yang terus menghantui dan menimbulkan trauma berkepanjangan. Sungguh ironis dan menyedihkan.

Terdapat persamaan konsekuensi logis yang diterima Reynhard dan Zuraida atas perbuatan dan perilaku yang mereka jalani. Keduanya akan menghabiskan sisa hidupnya di dunia ini dengan bermukim di penjara.

Bahkan Zuraida sendiri terancam sanksi hukuman mati, yang bisa jadi akan diputuskan menjadi hukuman seumur hidup atau setidaknya penjara puluhan tahun.

Dalam hal ini sebagaimana dikemukakan Ahmad Dhani di atas, penjara justru menjadi anugerah yang luar biasa baginya. Musisi legendaris ini tentunya tidak asal bicara. Sebab, sudah sangat banyak orang yang mendapat hukuman (dipenjara beberapa tahun), justru merasa mendapatkan pencerahan dan kehidupannya semakin baik dan tenang selama berada di penjara.

Mengapa demikian ? Banyak orang yang di penjara mengaku, bisa semakin fokus dalam menjalankan ibadah (salat lima waktu), sekaligus meningkatkan kualitas pemahaman dan penghayatannya terhadap ajaran agama. Bahkan, ada orang yang sebelumnya tidak pandai membaca Alquran, selama di penjara bisa khatam Alquran berulangkali.

Penjara bisa membuat orang lebih fokus dan semakin tenang dalam menyikapi kehidupan. Penjara juga bisa membuat banyak orang semakin mampu menghayati makna kehidupan. Penjara juga bisa dijadikan benteng bagi seseorang, sehingga terhindar dari perilaku negatif yang selama ini bebas dilakukannya di luar penjara.

Orang seperti Reynhard misalnya akan terus melakukan perbuatan terornya jika dia tidak dijebloskan ke penjara. Begitu juga dengan Zuraida Hanum, mungkin saja akan terus terlibat dalam perselingkuhan, kalau aksi pembunuhan dilakukannya tidak bisa diungkap pihak kepolisian. Karena itu, suatu ketika, manusia pun membutuhkan penjara, sebagai wadah untuk menumbuhkan kesadaran dan mengembalikan seseorang kepada jatidirinya sebagai seorang hamba Allah, yang harus senantiasa ingat dan mengabdi kepadaNya. Allahu a'lam bish-shawab.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C