Log in

Lebaran dan Piala Dunia 2018


Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini bersamaan dengan awal berlangsungnya turnamen sepak bola paling bergengsi sejagad, yaitu Piala Dunia 2018.  Turnamen ini diselenggarakan di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018, setelah negara tersebut terpilih sebagai tuan rumah pada 2 Desember 2010 silam. Putaran final melibatkan 32 tim nasional, terdiri dari 31 tim yang lolos melalui babak kualifikasi dan tim tuan rumah yang lolos secara otomatis. Dari 32 tim peserta, 20 tim membuat penampilan berturut-turut sejak edisi terakhir pada 2014 termasuk juara bertahan Jerman, sementara Islandia dan Panama keduanya tampil perdana di Piala Dunia FIFA. Sebanyak 64 pertandingan dimainkan di 12 stadion yang tersebar di 11 kota. Pertandingan final berlangsung pada 15 Juli di Stadion Luzhniki, Moskwa.

Dengan kata lain, pada hari pertama lebaran akan bertepatan dengan bergulirnya pertandingan hari kedua Piala Dunia. Merayakan Lebaran di tengah berlangsungnya pertandingan Piala Dunia tentu akan menjadi sesuatu yang 'aneh' bagi Mohamed Salah dkk (Mesir) dan juga para pesepakbola muslim lainnya yang memperkuat Arab Saudi, Iran, Nigeria, Senegal, Maroko, Tunisia serta sejumlah pesepakbola muslim lainnya. Dikatakan 'aneh', karena para pesepakbola muslim tersebut biasanya melaksanakan Shalat Ied di masjid sekitar kediamannya serta merayakan Idul Fitri bersama anak-istri beserta sanak keluarga. Kini, mereka harus melupakan keceriaan berlebaran bersama keluarga dan harus menjalani pertandingan demi memperjuangkan kejayaan nama bangsa di pertandingan sepak bola paling akbar sedunia tersebut.

Sementara, bagi umat Islam penggemar sepak bola, merayakan Idul Fitri di tengah bergulirnya Piala Dunia, tentu akan menjadi sebuah sensasi sekaligus merupakan tantangan tersendiri. Sebab, bisa jadi ketenangan menikmati pertandingan mungkin akan mengalami gangguan, sebab masih banyak sanak saudara yang datang bersilaturahmi, atau bisa jadi tengah berada di kampung halaman, yang bisa jadi pula tidak dapat mengakses televisi swasta yang menayangkan pertandingan itu.  Namun, bagi penggemar sepak bola sejati, semua cara bisa ditempuh jika benar-benar serius menyaksikan pertandingan negara yang menjadi favoritnya. Kendati tengah berada di kampung halaman yang terpencil, berbekal HP yang sudah semakin canggih, pertandingan juga bisa disaksikan melalui live streming online. Mereka yang tengah mudik dipastikan memang akan menemui sedikit hambatan untuk menyaksikan Piala Dunia seutuhnya.

Bagi mereka yang selama ini menjadi fans-nya Barcelona dan Messi, tentu akan sangat merasa rugi sekali jika tidak menyaksikan partai perdana Argentina yang akan menghadapi Islandia pada hari kedua lebaran (16 JUni). Begitu juga para penggemar Neymar Jr dan Timnas Brasil, dipastikan tidak akan melewatkan partai perdana tim selecao yang akan menghadai Swiss pada hari keempat lebaran (18 Juni). Perhelatan Piala Dunia tentunya agak berbeda dengan pertandingan antar klub atau liga. Di Indonesia, bukan hal yang aneh jika fans Madrid misalnya menjadi pendukung Argentina, karena dulu dia dan keluarganya pengagum Diego Maradona dan Mario Kempes. Begitu juga fans Barca banyak yang mendukung Inggris atau Jerman. Namun di negara kita, kelihatannya lebih dominan merupakan penggemar Brasil, Argentina, Jerman, Inggris, Spanyol dan Perancis. Mungkin di tengah euforia kemunculan Mohamed Salah, beberapa di antaranya juga mengidolakan Mesir. Tapi, mereka menyadari sangat kecil kemungkinan Mesir akan berkibar di Pilada Dunia, apalagi Mohamed Salah masih dalam kondisi cedera akibat bantingan gulat Sergio Ramos. Kendati merayakan Lebaran kali ini berada dalam keriuhan gebyar Piala Dunia, tentunya hal itu tidak boleh mengurangi kegembiraan umat Islam dalam merayakan hari kemenangan itu, sembari terus berupaya meningkatkan kualitas silaturahmi di antara kita, sehingga kita semua kembali fitri. Minal aidin walfaidzin.(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Aug 2018 29°C 22°C
  • 22 Aug 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px