Log in

Ketika Kehidupan Semakin Sulit


Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon mengkritisi pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo. Menurutnya, selama dua tahun berkuasa tak ada pencapaian yang berarti di berbagai sektor, terutama perekonomian. Hal ini berdampak pada sulitnya masyarakat untuk mendapat pekerjaan. Sehingga apa yang dirasakan rakyat Indonesia selama dua tahun adalah penderitaan khususnya masyarakat bawah. “Rata-rata masyarakat menjawab hidup di zamannya Pak Jokowi sangat susah. Lalu mereka juga menjawab, mendapatkan pekerjaan juga lebih sulit,” keluh wakil ketua Partai Gerindra itu, saat menjadi nara sumber diskusi, di Komplek Parlemen, belum lama ini. Padahal, kata dia, pemerintah di bawah komando Jokowi-Jusuf Kalla tengah menggalakkan infrakstruktur. Namun sangat disayangkan pembangunan infrastruktur yang jor-joran tak berdampak langsung kepada rakyat kecil. Bahkan, kemiskinan rakyat kecil Indonesia semakin dalam.

Pernyataan Fadli Zon tersebut agaknya bukan mengada-ada. Bahkan, suasana kehidupan yang terasa semakin sulit itu tidak hanya dirasakan rakyat kecil saja, melainkan juga dialami kalangan masyarakat di tingkat menengah dan para pekerja swasta dan pemerintahan. Memang tidak berlebihan jika dikatakan, saat ini kehidupan benar-benar semakin sulit. Banyak yang mengeluh, karena belakangan ini hanya hidup dengan mengandalkan gaji/ upah yang pas-pasan. Sekarang, sukar mencari income tambahan, karena terlalu banyak aturan. Kalangan aparatur sipil negara (ASN) di instansi pemerintahan saat ini merasa 'sukar bernafas', karena terlalu banyak aturan-aturan baru yang membuat mereka tidak lagi bisa melakukan manuver-manuver untuk menambah penghasilan.

Pasalnya, para ASN sekarang tidak cuma dihantui oleh KPK, melainkan juga masih harus berhadapan dengan sejumlah pemeriksaan oleh Inspektorat, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), auditor internal, dan lainnya. Kini, muncul pula Unit Satgas Saber Pungli di kabupaten/ kota. Ketika para ASN dan pekerja swasta di negeri ini mengeluhkan semakin sulitnya mendapatkan tambahan penghasilan, rakyat kecil justru kondisinya lebih parah lagi. Sebab, mereka pun semakin sukar mendapatkan objek dan peluang untuk mengais rezeki. Belum lagi jika kita menyinggung soal para generasi muda bangsa yang baru lulus dari perguruan tinggi, yang juga bak membentur tembok dan kelimpungan mendapatkan lowongan pekerjaan, bahkan untuk sekadar menjadi tenaga honor sekalipun.

Situasi kehidupan yang semakin sulit itu sudah barang tentu potensial melahirkan persoalan sosial di tengah masyarakat, misalnya dengan semakin meningkatnya angka kriminalitas dan kecenderungan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Kondisi realitas yang tengah terjadi ini memang tidak sepenuhnya menjadi kesalahan pemerintahan sekarang, karena persoalan hari ini tentu tidak terlepas dari kebijakan pemerintahan di masa lalu. Namun, fenomena kehidupan yang semakin sulit ini, tetaplah menjadi PR yang harus dituntaskan Pemerintahan Jokowi-JK.(**)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px