Log in

Jurgen Klopp Memang Top


Liverpool melakoni comeback sensasional saat menyingkirkan Barcelona di semifinal Liga Champions. Ini melanjutkan catatan bagus The Reds bersama Jurgen Klopp di fase gugur kompetisi Eropa. Dalam kondisi tertinggal 0-3, Liverpool punya tugas berat untuk membalikkan ketertinggalannya dari Barca.

Namun, begitu pertandingan leg kedua semifinal di Anfield, Rabu (8/5) dini hari WIB dimulai, Liverpool mematahkan semua prediksi yang ada dan berhasil mengalahkan Barca dengan skor 4-0. Unggul 1-0 lewat gol Divock Origi di babak pertama, Liverpool menambah gol lagi lewat brace Gini Wijnaldum dan gol kedua Origi.

Liverpool berhasil melaju ke final dengan keunggulan agregat 4-3 dan akan menunggu pemenang partai Ajax Amsterdam kontra Tottenham Hotspur. Bagi Klopp, ini adalah final ketiganya bersama Si Merah setelah Liga Champions musim lalu dan Liga Europa 2016.

Keberhasilan The Reds Liverpool mengalahkan Barcelona dengan skor mencolok 4-0, jelas merupakan sebuah sensasi besar, yang akan terus dikenang sepanjang masa. Pasalnya, hampir tidak ada pengamat sepak bola yang memprediksi, Liverpool akan mampu bangkit menghadapi superioritas Barca dengan Messi-nya. Apalagi, The Reds tak diperkuat dua pemain andalnya, Mo Salah dan Firmino.

Ternyata tanpa diperkuat Salah dan Firmino, Liverpool tetap tampil menggila. Di sinilah letak kehebatan Jurgen Klopp sebagai seorang manajer dan peracik strategi. Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Salah dan Firmino, dia lebih memilih Divock Origi dan Xerdan Shaqiri, serta meninggalkan pemain yang lebih berpengalaman Daniel Sturridge di bangku cadangan.

Jurgen Klopp memang top. Terbukti strateginya berhasil mulus. Berkat gol cepatnya, Origi mampu membangkitkan rekan-rekannya untuk terus memberikan pressure kepada para pemain Barcelona, sehingga barisan pertahanan yang digalang Gerard Pique bersama C Lenglet, Sergio Roberto dan Jordi Alba menjadi kocar kacir.

Ketika pertandingan paruh pertama hanya menghasilkan keunggulan 1-0, Klopp juga melakukan perubahan fundamental, dengan memasukkan Gini Wijnaldum menggantikan Andrew Robertson di babak kedua. Pergantian ini kemudian memberikan hasil signifikan, dengan sumbangsih dua gol yang dicetak pemain Belanda ini hanya dalam rentang waktu dua menit, yaitu menit ke-54 dan 56.

Memang semua strategi yang diterapkan pelatih tidak akan berguna sama sekali, jika para pemain tidak mampu melaksanakannya serta tidak memiliki keinginan dan semangat untuk meraih kemenangan. Di sinilah, Klopp kembali memperlihatkan peran krusialnya, yang sejak dini memang telah mampu membangun semangat kebersamaan serta gairah tinggi untuk selalu tampil optimal dalam setiap pertandingan.

Sebagai seorang pelatih yang top, Jurgen Klopp sukses membentuk mentalitas pemainnya, agar terus berjuang hingga titik darah penghabisan dan selalu tampil bersemangat dalam setiap pertandingan. Sebagai contoh pada pekan lalu saat menghadapi Newcastle, The Reds juga memperlihatkan semangat tak pernah menyerah dan mampu mengatasi perlawanan hebat tim asuhan Rafael Benitez dengan skor tipis 3-2. Bahkan, saat menderita kekalahan di kandang Barca pun, para pemain Liverpool juga tampil sangat trengginas. Kala itu kegemilangan kiper Barca Ter Andre Stegenlah yang membuat Mohamed Salah dkk gagal mencetak gol.

Sensasi yang ditorehkan Alisson Becker dkk, akan menjadi sebuah sensasi yang akan selalu dikenang dalam sejarah Liga Champions. Keberhasilan melaju ke pusingan akhir ini sekaligus mengulang keberhasilan tahun lalu. Tentunya hanya sedikit klub yang bisa melakukan hal serupa. Manchester City yang sudah mendatangkan Guardiola saja hanya bisa melaju ke perempat final.

PSG yang membeli Neymar dan Mbappe juga selalu gagal total di Liga Champions. Begitu juga Juventus yang merasa perlu menghadfirkan Cristiano Ronaldo juga kandas di fase knock out. Karenanya, keberhasilan Liverpool ini bisa disebut sebagai sebuah pencapaian spektakuler. Hal ini dimungkinkan terjadi, karena mereka memiliki pelatih top markotop bernama Jurgen Klopp. (**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px