Log in

Ditunggu, Kontribusi DPR Asal Sumut


Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengharapkan dukungan dari para anggota DPR RI asal Sumut, untuk percepatan pembangunan di Sumatera Utara. Terutama pembangunan berbagai proyek infrastruktur yang membutuhkan anggaran yang besar dan dukungan pemerintah pusat.     

Hal itu disampaikan Gubernur dalam acara ramah tamah dengan para anggota DPR RI asal Sumut, di Flores Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin malam.

“Bantu dan doakan saya, agar semua ini bisa kita realisasikan. Kalian adalah keluarga saya. Beri saya masukan dan ingatkan saya. Percaya pada saya, tidak ada niat saya yang lain, selain untuk menyejahterakan masyarakat Sumut dan menjadikan Sumut kita ini lebih baik,”katanya.   

Gubsu Edy Rahmayadi pun memaparkan rencana pembangunan Sumut ke depan, yang perlu segera direalisasikan. Di antaranya, pembangunan Sport Centre berstandar internasional, pembangunan Light Rail Transit (LRT) Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo (Mebidangro), Rumah Sakit Haji, Tol dalam Kota Medan, dan lainnya.   

Harapan yang disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi kepada para anggota DPR-RI asal Sumatera Utara tersebut sebetulnya hanyalah sekadar cerminan dari budaya ketimuran yang saling menghargai antara pihak eksekutif dengan legislatif. Sejatinya, tanpa diminta oleh Gubsu pun, para wakil rakyat asal Sumut ini berkewajiban untuk memberikan dukungan atas apa yang menjadi concern dan harapan Gubsu bersama jajarannya tersebut.

Pasalnya, sebagai anggota DPR asal daerah pemilihan Sumatera Utara, ke-30 anggota dewan asal Sumut itu memang memiliki kewajiban konstitusional untuk memperjuangkan kepentingan pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Utara. Sangat naif dan sama sekali tidak dibenarkan, jika para anggota DPR-RI asal sumut ini hanya sibuk memikirkan kepentingan partainya saja.

Karena itu seharusnya para anggota DPR dapil Sumut ini bisa bersikap lebih proaktif dalam menjalin sinergi dengan Gubsu dan jajaran Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, supaya mereka bisa memberikan kontribusi maksimal dalam mendukung kesuksesan percepatan laju pembangunan di daerah ini, dalam rangka mewujudkan Sumut yang bermartabat.  

Dalam hal ini kita sangat menyayangkan sekaligus prihatin dengan fakta, bahwa pertemuan antara Gubsu, Ketua DPRD Sumut bersama pimpinan OPD dengan anggota DPR-RI asal Sumut itu hanya dihadiri segelintir anggota DPR-RI dapil Sumut. Dari 30 anggota DPR daerah pemilihan Sumatera Utara, kelihatan yang hadir cuma setengahnya.     

Sejumlah nama beken dari daerah pemilihan Sumatera Utara seperti Mulfachfri Harahap (FPAN), Meutya Hafid, Delia Pratiwi (FGolkar), Raden Muhammad Syafii (Gerindra), Hinca Panjaitan, Rudi Hartono Bangun (FDemokrat), Sofyan Tan (FPDIP), Tifatul Sembirng (FPKS), sepertinya tidak terlihat dalam pertemuan itu. Kita berharap ketidakhadiran ini bukan karena faktor kesengajaan, melainkan disebabkan adanya kendala yang membuatnya tidak bisa hadir.

Perlu disadari bersama, Gubsu Edy Rahmayadi bersama Wagubsu Musa Rajekshah telah diberikan mandat oleh rakyat Sumatera Utara untuk memimpin provinsi ini selama lima tahun (2018-2023). Begitu juga dengan keberadaan 30 anggota DPR-RI asal Sumut di Senayan, telah diberikan amanah oleh rakyat sebagai pengemban aspirasi mereka.

Atas dasar itu, antara Gubsu dan jajaran Pemprovsu beserta anggota DPR-RI/ DPRD Sumut harus senantiasa bisa menjalin sinergi yang konstruktif, dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah ini, demi mempercepat realisasi berbagai program pembangunan, baik di bidang infrastruktur maupun bidang-bidang lainnya yang langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Dengan kata lain, rakyat menunggu kontribusi DPR asal Sumut dalam mendukung percepatan realisasi pembangunan tersebut. Etake kaltu...(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px