Log in

Dirgahayu Provinsi Sumatera Utara


Kemarin, 15 April 2017 diperingati Hari Jadi ke-71 Provinsi Sumatera Utara. Peringatan HUT diawali ziarah rombongan Gubernur ke Taman Makam Pahlawan Pahlawan Bukit Barisan Jalan SM Raja Medan, Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-71 Provinsi Sumut Tahun 2019 di DPRD Sumut, hingga resepsi kenegaraan di Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman 41, Medan.   

Terkait dengan Hari Jadi ke-71 tersebut, kita sampaikan Dirgahayu Provinsi Sumatera Utara, sembari berharap kiranya provinsi tercinta ini terus tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih,di bawah duet Gubsu dan Wagubsu Edy Rahmayadi bersama Wagubsu Musa Rajekshah,yang mengemban visi membawa Sumatera Utara menjadi lebih maju, aman dan bermartabat.   

Sedangkan misinya antara lain mewujudkan masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat, tersedianya sandang pangan yang cukup, rumah yang layak,pendidikan yang baik,kesehatan yang prima, mata pencaharian yang menyenangkan,serta harga-harga terjangkau.

Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat dalam politik dengan adanya pemerintahan yang bersih dan dicintai,tata kelola pemerintah yang baik,adil,terpercaya, politik yang beretika, masyarakat yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kohesi sosial yang kuat serta harmonis.    

Mewujudkan masyarakat Sumatera Utara bermartabat dalam pendidikan karena masyarakatnya yang terpelajar,berkarakter,cerdas,kolaboratif, berdaya saing, dan mandiri. Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara bermartabat dalam pergaulan karena terbebas dari judi, narkoba, prostitusi dan penyeludupan,sehingga menjadi teladan di Asia Tenggara dan dunia.    

Berdasarkan visi dan misi tersebut maka telah ditetapkan pula prioritas pembangunan  ditujukan pada peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan.

Peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, serta pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan.Penyediaan layanan kesehatan berkualitas.Peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata.    

Tentunya keberhasilan dalam mewujudkan visi misi tersebut, tidak bisa hanya dibebankan kepada Gubsu dan Wagubsu saja.Berhasil tidaknya pembangunan di daerah ini menjadi tanggung jawab bersama, antara Pemerintahan Provinsi Sumatera dan DPRD beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.      

Dalam hal ini semua pihak di daerah ini diharapkan tetap mampu menjalin sinergitas yang baik, dan jangan sampai terjadi miskomunikasi dan disharmoni antara sesama forum komunikasi pimpinan daerah.Para pejabat di daerah ini hendaknya lebih mengedepankan kepentingan rakyat dan institusi, daripada rivalitas bernuansa politis.

Di sisi lain, kendati sudah memasuki usia ke-71 tahun, namun harus kita akui,pembangunan di Sumatera Utara masih tetap jauh tertinggal dibandingkan dengan sejumlah provinsi lain di negeri ini. Tidak saja dengan provinsi di Jawa,melainkan juga dengan provinsi di Sumatera,Sulawesi dan Kalimantan.    

Ketertinggalan Sumatera Utara ini agaknya bisa juga disebut sebagai konsekuensi dari tersandungnya beberapa pejabat teras di daerah ini dalam kasus korupsi, yang menyebabkan terjadinya turbulensi dan tidak maksimalnya alokasi APBD untuk kepentingan pembangunan. Kita berharap, sesuai dengan visi Gubsu/Wagubsu mewujudkan Sumut Bermartabat, kiranya tidak akan ada lagi pejabat teras Sumut terjerat kasus korupsi, sehingga APBD benar-benar bisa dialokasikan untuk kepentingan rakyat Sumatera Utara secara merata dan berkeadilan.Semoga...(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px