Log in

Baskami Ginting Pilihan Objektif


Teka-teki siapa sosok yang akan memimpin DPRD Sumut untuk lima tahun ke depan, kini terjawab sudah. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menunjuk dua nama yang diamanahkan menjadi Ketua DPRD dan Ketua Fraksi PDIP di lembaga tersebut.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumut, Soetarto mengatakan wacana pimpinan dewan bergulir sejak pihaknya memberikan 19 nama caleg terpilih ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Dari 19 nama itu, lanjut Soetarto telah mengerucut tiga nama yaitu, Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Mangapul Purba, Bendahara DPD PDIP Sumut Meirahta Sitepu dan Anggota DPRD petahana Baskami Ginting.

"Sesuai penyampaian Pak Sekjen dengan memperhatikan latar belakang kesejarahan, kondisi sosio politik DPP menunjuk Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut dan Mangapul Purba sebagai Ketua Fraksi,"jelas Soetarto menjelaskan partai menginstruksikan kepada keduanya untuk dapat memajukan masyarakat Sumut melalui lembaga tersebut.

Beberapa pekan lalu, sempat mencuat keyakinan di sejumlah kalangan, sosok Baskami sulit lolos menjadi orang nomor satu di lembaga legislatif, karena secara mengejutkan namanya beserta beberapa politisi senior PDI Perjuangan, tidak masuk ke dalam struktur kepengurusan DPD PDI Perjuangan Sumut hasil Konferda yang kembali menetapkan nama Japorman Saragih sebagai ketua.

Tidak adanya nama Baskami di dalam susunan kepengurusan DPD PDIP Sumut itu dianggap sebagai sebuah sinyal politik, bahwa terdapat upaya 'menyingkirkan' yang bersangkutan dari bursa Ketua DPRD Sumut. Saat itu yang lebih diunggulkan akan menjadi ketua DPRD Sumut adalah Mangapul Purba, karena raihan suaranya sangat signifikan.

Namun upaya untuk 'menyingkirkan' dan atau 'menggagalkan' Baskami Ginting menjadi Ketua DPRD Sumut, tidak berhasil. Terbukti, DPP PDI Perjuangan justru lebih memilih dirinya ketimbang dua nama lain (Mangapul Purba dan Meirahta Sitepu), yang sebelumnya lebih diunggulkan dan lebih didukung oleh elite DPD PDIP Sumatera Utara.

Keputusan DPP PDI Perjuangan, dalam hal ini ketua umum Megawati Soekarnoputri untuk menetapkan nama Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut patut diapresiasi sekaligus merupakan pilihan objektif. Pasalnya, dari semua anggota DPRD Sumut terpilih periode 2019-2024, Baskami merupakan sosok yang paling senior dan berpengalaman.

Dia tidak saja sebagai figur yang sudah senior di PDI Perjuangan Sumatera Utara, melainkan juga telah memiliki jam terbang yang tinggi di legislatif. Baskami Ginting tercatat pernah menjadi anggota DPRD Sumut periode 1998-2004, 2014-2019, dan terpilih kembali untuk periode 2019-2024. Baskami juga beberapa kali dipercaya memimpin komisi di dewan, serta terakhir menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut.

Mengacu kepada track record yang dimilikinya itu, pilihan DPP PDIP sangat objektif dan terlihat lebih mengedepankan pengalaman dan kualitas, daripada pertimbangan like or dislike dan kedekatan dengan oknum-oknum pengurus DPP. Soalnya Baskami sendiri pernah menyatakan, dirinya bersikap nothing to lose dan tidak akan 'mengurus' supaya dirinya dipilih alias membiarkan DPP melakukan pemilihan secara rasional dan objektif.

Terpilihnya Baskami diyakini juga akan disambut positif oleh kalangan anggota dewan dari partai lain. Sebab, sosok Baskami sendiri selama ini dikenal sebagai pribadi yang hangat, dan mudah bergaul dengan semua pihak. Wakil rakyat dari Dapil Sumut II ini merupakan figur politisi yang memiliki pergaulan lintas partai yang sangat baik.

Di bawah kepemimpinan Baskami nanti diharapkan terjalin kekompakan antarpimpinan dewan bersama anggota serta dapat pula dibina sinergi postif antara legislatif dan eksekutif. Kita berharap, Baskami mampu menghidupkan gairah anggota dewan dalam menjalankan tupoksinya, sehingga rapat rapat dewan berjalan lebih on time dan kondusif. Mejuah-juah banta kerina, njuah njuah.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px