Log in

ASN Pemalas Sebaiknya Pensiun Dini


Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menawarkan kepada pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kerjanya untuk segera pensiun dini. Pilihan itu ditawarkan Arief, setelah mendapati minimnya kedisiplinan dan kesiapan pegawai ketika ditemuinya saat inspeksi mendadak di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akhir Desember 2018 lalu.

"Kalau memang kinerjanya buruk saya tawarkan mereka mau pensiun dini atau mereka yang berstatus tenaga harian lepas, berhenti, itu pilihan," katanya saat memimpin rapat evaluasi kinerja di Gedung Balai Kota Tangerang, Senin (7/1).

Hasil dari sidak tersebut, didapati dua organisasi perangkat daerah yakni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan petugas Kecamatan Benda memiliki nilai rendah dalam kedisplinan.

Soal ASN yang pemalas tidak hanya ditemukan di Tangerang saja, melainkan hampir di semua instansi pemerintahan. Selain pemalas, terdapat pula sejumlah ASN yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bermain joker banting dengan taruhan uang.

Tawaran pensiun dini bagi ASN pemalas sebagaimana digagas Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah itu, merupakan ide yang menarik dan patut dilaksanakan. Artinya, di masa mendatang, seharusnya para ASN yang cenderung malas dan indisipliner itu, tidak hanya perlu ditawari untuk pensiun dini, melainkan juga dijadikan sebagai sebuah keputusan dari atasan.

Dengan kata lain, jika pensiun dini awalnya hanya berbentuk tawaran, yang menuntut adanya kesadaran sendiri dari para ASN pemalas itu, untuk menyatakan mundur alias pensiun dini. Maka di masa mendatang, pensiun dini sebaiknya dilakukan atas dasar penilaian atas, bahwa ASN (bawahannya) dianggap sudah tidak bisa diharapkan kontribusinya, sehingga harus dipensiunkan.

Kecenderungan para ASN yang malas-malasan dalam bekerja, sudah merupakan fenomena umum dan hampir bisa ditemukan di semua instansi pemerintahan di negeri ini. Negara sudah dipastikan merugi karena harus mengeluarkan dana yang jumlahnya tidak sedikit, untuk menggaji para ASN yang pemalas dan bekerja seenak udelnya dewe' itu.

Sementara, di tengah masyarakat kita, masih sangat generasi muda bangsa, yang terpaksa menjadi pengangguran, karena sangat minimnya lowongan pekerjaan, utamanya untuk menjadi aparatur sipil negara di instansi pemerintahan, karena masa kerja ASN yang cukup panjang.

Sementara, banyak di antara mereka sudah tidak produktif lagi kinerjanya. Mereka yang sudah tidak produktif serta hanya sekadar hadir di kantor mengisi absensi, tanpa dibarengi kejelasan kerja, memang sudah sebaiknya diberi penawaran untuk pensiun dini.

Sedangkan, bagi ASN yang kerap indisipliner, seharusnya sudah bisa dikenai sanksi yang lebih tegas, berupa adanya pemaksaan untuk segera pensiun dini, karena keberadaannya dianggap tidak mampu memberikan value added (nilai tambah) bagi instansi tempatnya bekerja. Libassss....(**)  

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px