Log in

Asian Games Jangan Dipolitisasi


PDI Perjuangan sangat berbangga atas kemasan kebudayaan Indonesia yang ditampilkan dengan sangat baik dalam pembukaan Asian Games ke 18. “Semua sangat membanggakan, dan berakar kuat pada kebudayaan Indonesia,”ujar Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan, dalam siaran persnya, Ahad (19/8). Tampilan spektakuler Pembukaan Asian Games, kata dia, menjadi reinkarnasi semangat Bung Karno yang terus mengumandangkan Indonesia sebagai bangsa yang begitu kaya dengan tradisi kebudayaannya. Suara kebangkitan kebudayaan Indonesia bergema di seluruh Asia.

“Terlebih dengan kejutan tampilan Pak Jokowi yang elegan, menghentak, dan penuh ruang kreativitas yang membuat Indonesia bangga punya sosok presiden visioner, milenial dan penuh gagasan kreatif tersebut,”kata dia. Di tengah pujian itu, Mark Sungkar mengungkap istri Gubernur DKI Jakarta Fery Farhati hanya ditempatkan di VIP biasa dengan penonton yang lain. Sedangkan, pimpinan cabang olah raga ditempatkan di VIP bangku paling depan. Kita sepenuhnya setuju dengan pernyataan Hasto, bahwa perhelatan pembukaan Asian Games memang cukup membanggakan. Namun, di balik itu, kita juga kurang sependapat jika perhelatan pesta olah raga terbesar negara Asia itu, kemudian dijadikan sebagai ajang politisasi.

Sebagai istri seorang gubernur, yang notabene merupakan orang nomor satu di Jakarta, sebagai tempat pembukaan Asian Games ke-18 dilaksanakan, seharusnya Fery Farhati berhak mendapatkan tempat duduk yang lebih layak. Hal ini tentunya demi menjaga privacy dan kenyamanan dirinya sebagai istri pejabat. Nah, kembali kepada perhelatan Asian Games tersebut, tentunya seluruh rakyat Indonesia sangat berharap, agar duta-duta olah raga bangsa Indonesia yang diutus mengikuti ajang tersebut mampu memberikan prestasi membanggakan, yang akan dicatat dengan tinta emas dalam sejarah keikutsertaan kita di Asian Games.

Sebagai tuan rumah, sangat wajar jika kontingen Indonesia diharapkan mampu meraih posisi lima besar. Pasalnya, negara-negara Asia lainnya saat diberi kepercayaan sebagai tuan rumah, lazimnya juga mampu meraih posisi bergengsi tersebut. Di sisi lain, pelaksanaan Asian Games ini menggunakan uang negara, baik yang dialokasikan melalui APBN maupun APBD Jakarta dan APBD Palembang. Karena itu, penyelenggaraan pesta olah raga bangsa-bangsa Asia ini merupakan kerja kita bersama. Dengan kata lain, ketika kita mampu meraih kesuksesan di Asian Games, maka hal itu merupakan kesuksesan itu merupakan keberhasilan kita bersama. Sebaliknya, ketika Indonesia tidak mampu meraih capaian yang ditargetkan, hal itu juga akan menjadi keprihatinan kita bersama. Karena itu, kita mengimbau para elite politik di negeri ini, hendaknya tidak memanfaatkan Asian Games sebagai ajang politisasi dan pencitraan, demi kepentingan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019. Monggo...(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 27°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px