Log in

Aktualisasi Spirit Kepahlawanan


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pahlawan adalah siapa pun yang hidup tidak memikirkan dirinya sendiri. Setiap masa, selalu ada orang-orang yang berjuang untuk kebaikan orang-orang di sekitarnya.

"Intinya, bahwa di setiap masa selalu ada orang-orang yang berjuang memikirkan lebih dari kepentingan dirinya. Dan Mereka yang berjuang seperti itulah yang kemudian menjadi pahlawan," kata Anies di Balai Kota, Kamis (9/11).

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini mengatakan, pahlawan selalu ada di setiap zaman. Dia meyakini, Indonesia tidak pernah kekurangan pahlawan-pahlawan yang berjuang di setiap zamannya. "Dan kita yakin di Indonesia sekarang masih banyak sekali stok orang-orang yang bekerja, berkarya lebih dari kepentingan pribadinya," ujarnya.

Seperti diketahui, hari ini (10/11) adalah peringatan Hari Pahlawan. 10 November mengingatkan bangsa Indonesia pada kegigihan perlawanan Arek-arek Suroboyo dalam mengusir kolonialis Belanda dari Bumi Nusantara pada 1945 silam.

Apa yang dikemukakan Anies Baswedan di atas benar adanya. Bahwa, spirit kepahlawanan di masa kini, juga tetap sangat mudah diaktualisasikan oleh siapa pun, dengan catatan jika mereka memiliki komitmen dan kepedulian terhadap orang lain.

Kepedulian terhadap orang lain sejatinya sudah menjadi anjuran yang melekat di dalam komitmen kebangsaan kita, sebagaimana termaktub di dalam butir-butir Pancasila. Yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Namun, keharusan untuk peduli kepada orang lain sebagai prasyarat utama dalam melahirkan sosok pahlawan masa kini, agaknya tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab, di masa kini, yang dominan adalah sikap egoisme dan kecenderungan ingin menang sendiri.

Selain itu, yang juga sangat kental terasa adalah sikap-sikap kemunafikan dan kepalsuan dengan mengedepankan sikap menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan, tidak peduli dengan orang lain yang mengalami kerugian akibat perilaku atau tindakan yang dilakukannya.

Nah, sejalan dengan Hari Pahlawan 10 November, yang setiap tahun kita peringati, hendaknya tidak hanya berhenti sebatas seremonial belaka, melainkan dapat pula melahirkan para pahlawan baru, yang senantiasa berupaya berpikir dan bertindak demi kebaikan bangsanya.

Momentum peringatan Hari Pahlawan hendaknya dapat melahirkan manusia Indonesia baru, yang dapat mengaktualisasikan spirit dan nilai-nilai kepahawanan itu, sehingga semakin banyak bermunculan figur pemimpin baru Indonesia yang terus-menerus tak henti berbuat kebaikan bagi rakyatnya.

Kita mendambakan munculnya sosok pemimpin Indonesia yang senantiasa berjuang keras mewujudkan kesejahteraan rakyatnya, serta bukan hanya berpikir dan berbuat sesuatu (pencitraan) semata, dengan harapan bisa terpilih kembali. Monggo....(**)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 22°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px