Log in

Uang Cerai Dibayar dengan Recehan


Seorang pria di Karanganyar, Jawa Tengah, Dwi Susilarto, digugat cerai oleh istrinya, Herni Setyowati. Sebabnya, Dwi dianggap tidak memberikan nafkah uang yang cukup selama sembilan tahun menikah dengan Herni.

Gugatan tersebut dikabulkan oleh Pengadilan Agama Karanganyar. Tidak hanya diceraikan, Dwi juga diwajibkan memberikan nafkah sekaligus uang mut'ah (tuntutan) senilai Rp178 juta.

Dwi sangat kecewa dengan vonis tersebut. Tetapi, dia tetap diharuskan membayar uang tuntutan karena sudah menjadi putusan pengadilan. Dwi akhirnya membayar uang itu meski dengan koin. Benar saja, pria itu menyerahkan uang recehan yang diwadahi puluhan karung.

Pria ini adalah seorang PNS di lingkungan Kantor Kabupaten Karanganyar. Penghasilannya tidak besar karena dia termasuk pegawai dengan pangkat kecil. "Saya hanya pegawai rendahan, bagaimana saya bisa mendapatkan Rp178 juta?" ujar Dwi, dilaporkan Asia One.

Kabar mengenai proses perceraiannya diketahui sejumlah teman Dwi. Akhirnya mereka memutuskan untuk menggalang donasi membantu pria itu, kebanyakan dalam bentuk uang receh.

Penggalangan dana dilakukan sejak Pengadilan Agama membacakan putusan pada Mei lalu. Dwi berhasil mendapatkan Rp155 juta dalam bentuk recehan, sisanya dia bayarkan dengan uang kertas.

"Mereka membantu saya mengumpulkan uang, bahkan ada yang bawa ember dan karung," kata Dwi.

Pada Kamis kemarin, Dwi menyerahkan uang itu ke Pengadilan Agama. Sebanyak 14 karung berisi uang receh sebesar 890 kilogram dibawa masuk ke ruang sidang menggunakan troli dan sisanya sebanyak Rp23 juta dibayar dalam pecahan Rp2.000 sampai Rp100.000.

Peristiwa ini memancing perdebatan antara pihak Dwi dan Hermi. Masing-masing dari mereka berkukuh tidak mau menghitung sendiri uang tersebut. Hermi pun kesal. Dia merasa terhina dengan ulah mantan suaminya.

"Ini memalukan karena dia menganggap saya seperti pengemis," kata Hermi. Meski begitu, wanita ini tetap menerima uang tersebut. (DCI)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 27°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px