Log in

Tolak Jual Burung Kesayangan ke Jokowi

Presiden Jokowi saat di acara Festival Kicau Burung di Kebun Raya Bogor, Minggu. Presiden Jokowi saat di acara Festival Kicau Burung di Kebun Raya Bogor, Minggu.

Dede Alamsyah, warga Brebes, Jawa Tengah, menolak burung murai batunya yang menjadi juara lomba dibeli Presiden Joko Widodo. Dia mengaku masih ingin merawat unggas itu.

Boy, ketua penyelenggara perlombaan, menjelaskan bila pemilik memiliki hubungan yang erat dengan burung peliharaannya. Ini menyebabkan mereka enggan melepas burungnya kepada orang lain.

"Pak Presiden sempat tanya ini berapa, tapi ternyata pemilik masih sayang," kata Boy di festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden di Kebun Raya Bogor, Minggu (11/3).

Menurut dia, biasanya para pemilik takut tak bisa mendapatkan lagi burung dengan kualitas yang sama. "Kalau dijual Rp1 M, ingin membeli burung lagi dengan harga Rp1 M, belum tentu bisa dapat burung sebagus itu."

Sementara itu, Dede tutup mulut soal berapa harga yang ditawarkan Presiden untuk burungnya. Namun, dia mengaku membeli Kitaro, burung murai batunya, setahun lalu seharga Rp250 juta. "Kalau saya jual burung belum tentu dapat lagi, repot saya," ujar Dede.

Sementara itu, perlombaan Minggu pagi dibuka Presiden langsung.  Jokowi hadir dengan penampilan kasual. Dia memakai kaus abu-abu, celana jin biru, lengkap dengan sepatu sneakers hitam biru.

Pada festival kali ini, Presiden Jokowi juga ikut ambil bagian. Burung murai batu milik Presiden mendapat nomor 36 dalam kontes ini. Sayangnya burung yang ia ikutkan harus kalah dari peserta lain.

Festival ini sendiri diikuti oleh sekitar 4.000 ekor burung dari 700 pemilik. Ada 18 jenis burung yang dilombakan seperti murai batu, cucak rawa, madu pengantin (kolibri ninja), ciblek, dan sebagainya.

“Kalah. Gimana lagi? Berarti jurinya jujur. Juara pertama mau saya beli, tapi pemiliknya bilang nggak dijual,” kata Jokowi.

Presiden juga mengatakan bahwa sebenarnya yang lebih senang pelihara burung adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Kahiyang Ayu.

“Saya cuma penikmat. Tapi yang paling saya ingat sekarang ini di Kebun Raya, di istana, burung semakin banyak. Sekarang ada kutilang, jalak suren, kemudian burung lain. Apalagi yang kecil-kecil. Ada prenjak kalau pagi sering kelihatan,” jelasnya.

Jokowi mengapresiasi pelaksanaan lomba ini dan keberadaan penangkaran burung yang ada di Indonesia. "Saya sangat menghargai banyaknya penangkaran burung di berbagai daerah saat ini, ada penangkaran murai, kolibri, jalak. Penangkaran ini selain memberi ruang bagi penghobi burung juga bisa menjaga spesies-spesies itu dari kepunahan," katanya. (MEDC/ANT/SKB)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 12 Dec 2018 28°C 22°C
  • 13 Dec 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px