Log in

Siang Mengemis, Malam Berbisnis

Chhotu Baraik Chhotu Baraik

Menjadi pengemis di siang hari, tapi jadi pengusaha di malam hari. Itulah aktivitas sehari-hari pria India bernama Chhotu Baraik. Kehidupan Chhotu yang unik tidak sampai di situ saja. Dia juga punya kehidupan rumah tangga yang bahagia bersama tiga istri. Salah satu istri Chhotu membantunya menjalankan toko miliknya.

Chhotu, warga Chakradharpur di distrik Singhbhum Barat, mengatakan bahwa dia menginvestasikan seluruh uang yang dimilikinya dari mengemis. Menurut Chhotu, penghasilannya dari mengemis dan berbisnis itu mencapai  total 1 juta rupee sebulan atau setara Rp211 juta lebih. Yang membuat orang-orang semakin kagum kepada pria 40 tahun itu adalah Chhotu adalah seorang penyandang cacat di kedua kakinya.

"Awalnya, saya berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun kemiskinan terus menghantui saya seperti bayangan saya. Saya kemudian mengemis dan mendapatkan banyak uang. Saya lalu menginvestasikan uang hasil mengemis ke berbagai bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih bagus," katanya.

Sebenarnya penghasilan Chhotu dari mengemis saja sudah besar jika dibandingkan dengan seorang karyawan kantoran. Chhotu mendapatkan penghasilan 30 ribu rupee atau setara Rp6,3 juta setiap bulan hanya dari mengemis. Pemasukannya bertambah besar karena Chhotu memiliki toko pribadi yang menjual berbagai macam peralatan yang dijalankan oleh salah satu dari tiga istrinya.

Dia juga menjadi distributor dari Vestige, sebuah perusahaan terkemuka yang bergerak dalam bidang produk kesehatan dan perawatan pribadi. Untuk menjalankan bisnisnya, Chhotu memiliki 20 karyawan. Begitu selesai mengemis di pagi sampai siang hari, Chhotu akan berganti baju kantoran lengkap dengan dasi untuk menjalankan bisnisnya. Chhotu merasa bersyukur punya tiga istri yang bisa hidup rukun meski tinggal dalam satu rumah.

"Istri pertama saya menjalankan toko peralatan. Penghasilan dari mengemis dan bisnis pemasaran dibagi sama di antara dua istri saya yang lain. Jadi tidak ada perselisihan di antara mereka," katanya.

Meski sudah menjadi pebisnis sukses, Chhotu mengaku tidak berniat untuk berhenti menjadi pengemis. (DCI)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Sep 2018 30°C 22°C
  • 24 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px