Log in

Semangkuk Sup Lebih Mahal dari Harga Sapi


Sebuah restoran di Shijiazhuang, Provinsi Hebei, China, tiba-tiba menjadi viral karena menjual sup daging sapi yang harganya mengalahkan harga sapi, bahkan hingga dua kali lipat.

Menu bernama Haozhonghao yang luar biasa mahal itu dijual dengan harga 13.800 yuan atau Rp29 juta oleh Restoran Niu Gengtian. Foto sup daging sapi yang tersebar luas di media sosial China itu langsung menarik perhatian netizen hingga jadi viral dalam waktu sekejap.

Netizen pantas terkejut dengan harganya yang fantastis itu. Karena sebelumnya ada masakan sejenis di Restoran Niu Ba Ba di Taiwan yang harga semangkuknya 'hanya' Rp4,8 juta.

Lantas apa yang membuat sup Haozhonghao begitu mahal harganya? Jawabannya ternyata juga tidak begitu pasti. Wartawan yang mendatangi restoran dan bertanya pada manajer bernama Yan hanya mendapat informasi yang tidak jelas.

Kata Yan, sup Haozhonghao dimasak menggunakan 12 bahan yang sangat mahal. Menurut Yan, bahan-bahan yang digunakan diambil dari langit, darat, dan laut tanpa memberi penjelasan lebih lanjut.

Dia juga mengatakan bahwa sup Haozhonghao dimasak oleh 12 orang chef pilihan. Untuk menikmati semangkuk sup Haozhonghao, pelanggan harus memesan satu bulan sebelumnya.

Sup Haozhonghao ditambahkan ke menu restoran enam bulan yang lalu, dan Yan mengatakan bahwa dia telah menjual empat mangkok sejak itu kepada seorang pemilik bisnis yang kaya raya.

Menanggapi tuduhan bahwa dia menipu pelanggannya, Yan mengatakan bahwa harga bahan dan proses memasaknya begitu tinggi sehingga dia sebenarnya tidak terlalu untung menjual sup tersebut.

Pada awalnya, netizen berpikir bahwa foto menu sup Haozhonghao dengan harga 13.800 yuan semangkuk adalah lelucon atau kesalahan ketik saja. Tetapi Sin Chew Daily dan media lain yang mengunjungi restoran itu kemudian menegaskan bahwa harga sup Haozhonghao memang sangat mahal.

Netizen menanggapi sup Haozhonghao dengan bercanda. Mereka mengatakan harga sup daging sapi itu malah lebih mahal dari sapinya sendiri.

Sementara netizen lain mengatakan manajer restoran membuat menu mahal hanya sebagai sensasi untuk mempromosikan restorannya. Beberapa netizen bahkan telah memberi tahu Biro Harga Distrik Xiaxi di Kota Shijiazhuang tentang sup dengan harga sangat mahal itu.

Tetapi harapan netizen agar pemerintah segera menyelidiki restoran Yan secara intensif mengalami kegagalan. Pejabat biro mengatakan bahwa selama harganya jelas dinyatakan kepada pelanggan, tidak ada yang ilegal tentang itu dan biro tidak berhak campur tangan. (DCI)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 26 Sep 2018 29°C 22°C
  • 27 Sep 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px