Log in

Seekor Merpati Terjual Rp20 Miliar

Armando saat ini telah pensiun dari karier balapannya. Armando saat ini telah pensiun dari karier balapannya.

Seekor burung merpati balap memecahkan rekor saat terjual dengan harga fantastis 1,25 juta euro (sekira Rp20 miliar) di sebuah pelelangan. Harga tersebut mengalahkan rekor penjualan sebelumnya yang juga mencatat harga fantastis 376 ribu euro (sekira Rp6 miliar).

Rumah lelang Pipa menyebut Armando sebagai "merpati jarak jauh terbaik Belgia sepanjang masa". Dia juga dijuluki "Lewis Hamilton-nya merpati". Rekor penjualan sebelumnya adalah sebesar 376.000 euro. Namun, Pipa mengatakan rekor ini dipecahkan dalam waktu sehari saat Armando diajukan untuk mendapatkan tawaran.

Merpati juara, yang saat ini berusia lima tahun itu sekarang menikmati masa pensiunnya dan telah menjadi ayah sejumlah anak merpati. Nikolaas Gyselbrecht, CEO dari Pipa yang merupakan singkatan dari Pigeon Paradise atau Surga Merpati, mengatakan bahwa dia masih tidak percaya ada yang menawar seekor merpati dengan harga lebih dari 1 juta euro.

"Dalam mimpi terliar kami, kami tidak pernah berharap untuk harga seperti itu. Kami berharap sekitar 400.000 euro hingga 500.000 euro, dan kami hanya bermimpi 600.000 euro," katanya kepada BBC.

Gyselbrecht mengatakan bahwa dua pembeli dari China berakhir dalam perang penawaran, meningkat dari 532 ribu euro hingga 1,25 juta euro hanya dalam waktu satu jam. Sebagai perbandingan, harga biasa untuk seekor merpati balap biasanya berkisar 2.500 euro.

Tapi Armando bukan merpati biasa. Tiga balapan terakhir dalam kariernya adalah kejuaraan Ace Pigeon 2018, Olimpiade Pigeon 2019 dan Angoulême - dan ia memenangkan semuanya.

Dia juga memiliki banyak pengagum. Fred Vancaillie, presiden asosiasi penyuka merpati lokal di Perwez, mengatakan kepada penyiar Belgia RTBF bahwa Armando adalah "Lewis Hamilton-nya merpati" dan memujinya sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah olahraga.

Meskipun hari-hari balap Armando telah berakhir, Gyselbrecht mengatakan bahwa merpati balap dapat meneruskan memiliki anak hingga mereka berusia sekira 10 tahun, dan hidup hingga 20 tahun. Sementara Armando sekarang akan hidup dengan tenang, kemungkinan pemilik barunya akan membiakkannya dan ras keturunannya. (OKZ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px