Log in

Salat Tarawih Delapan Jam


Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah, di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan Jawa Timur, tengah menjadi pembicaraan. Sebab, ponpes ini menjalankan Salat Tarawih selama delapan jam.

Prosesi slat yang panjang itu awalnya diketahui melalui laman video Youtube, dengan judul Tarawih terlama 8 jam Temboro. Dalam unggahan itu disebutkan hampir setiap masjid dan musala di Desa Temboro menjalankan Tarawih 23 rakaat dengan dengan 1 juz Alquran.

Khusus di Ponpes Al Fatah, Salat Tarawih dikerjakan dengan metode 3 juz hingga 30 juz dalam 20 rakaat. Untuk 1 juz 20 rakaat biasanya proses salat berlangsung selama 1 jam. Sementara, untuk 3 juz hingga 5 juz, proses salat berlangsung selama 2 hingga 4 jam dengan rakaat yang sama.

Sedang 20 rakaat salat menggunakan 10 juz akan berlangsung selama 5 jam. Adapun 30 juz untuk 20 rakaat salat akan berlangsung dalam waktu 7 hingga 8 jam. Salat itu dikerjakan dalam waktu sebulan penuh selama Ramadan.

Para santri di Ponpes Al Fatah terbiasa melaksanakan Salat tarawih selama 8 jam. Namun pihak ponpes memastikan warga pun dipersilakan untuk ikut serta, meski ada syaratnya.

Ustaz Zaenal Abidin dari Ponpes Al Fatah menjelaskan bahwa peserta Salat Tarawih ini tidak hanya terbatas pada santri saja. Warga umum juga dibebaskan untuk mengikutinya.

Akan tetapi ada syaratnya. "Semua umat Islam boleh ikut, tidak ada larangan, asalkan kuat," ungkap Zaenal dilansir detikcom, Selasa (5/6) dini hari.

Ditambahkan Zaenal, kendati berdurasi panjang, jemaah Salat Tarawih di tempatnya selalu membludak. "Awal puasa banyak, mas, ratusan. Penuh semua ini masjid. Tapi saat ini tinggal sekitar 50-an yang tarawih 8 jam, karena sebagian sudah mudik Lebaran," terangnya.

Secara kebetulan, Ponpes Al Fatah memang banyak dijadikan tempat menimba ilmu dari berbagai daerah. Tak terbatas untuk santri dari Jatim saja, tetapi hingga luar Jawa dan luar negeri.

Zaenal menuturkan lebih dari seribu santri Ponpes Al Fatah berasal dari 16 negara di dunia, di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Australia, Somalia, Kamboja, Brunei Darussalam, Papua Nugini, Timor Leste, Bangladesh, India, dan Suriname.

"Santrinya di sini sekitar 17 ribu pria-wanita, dan kalau lebaran memang mudik sehingga sudah agak sepi ini. Kan rumahnya jauh semua, luar Jawa dan luar negeri," tambahnya. (DCI/ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Aug 2018 29°C 22°C
  • 22 Aug 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px