Log in

Presiden Meksiko Potong Gaji Sendiri


Presiden terpilih Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, menyatakan hanya akan mengambil kurang dari 40 persen gaji bulanannya saat menjabat pada Desember nanti. Langkah ini sebagai bentuk penghematan anggaran negara.

"Apa yang kami inginkan adalah anggaran yang bisa menjangkau semua orang," ujar Lopez usai dinyatakan sebagai presiden terpilih pada Minggu, 15 Juli 2018.

Dikutip dari Yucatan Times, Lopez hanya akan membawa pulang gajinya 108.000 peso per bulan, setara Rp82 juta, dan tidak ada pejabat yang bakal mendapatkan gaji melebihi presiden.

Jumlah tersebut kurang dari 40 persen dari gaji Presiden Meksiko saat ini, Enrique Pena Nieto, sebesar 270.000 peso sebulan, setara Rp206 juta. Tak cuma itu. Lopez bahkan masih ingin mengurangi lagi gajinya. Niat itu dia urungkan karena tidak ingin menimbulkan kebencian di antara anggota kabinet nanti.

Sebabnya, beberapa kandidat calon menteri rela meninggalkan posisi mereka yang cukup tinggi di sektor swasta maupun jabatan akademis yang cukup mentereng.

Dia kembali menegaskan bakal mewujudkan janji-janjinya selama kampanye untuk mengurangi pajak bagi profesi rendahan seperti sopir dan satpam serta layanan publik seperti asuransi kesehatan.

Selain itu, Lopez juga bakal menjadikan rumah dinas kepresidenan sebagai pusat kebudayaan dan menghapus pensiun untuk mantan presiden.

Lopez juga menguatkan komitmennya untuk memberantas korupsi. Meksiko menduduki peringkat 135 dari 180 negara yang masuk dalam Indeks Negara-Negara Korup hasil survei Tranparency International pada 2017.

Para pejabat publik, menurut Lopez, harus menunjukkan aset mereka secara terbuka. Korupsi juga dinyatakan sebagai kejahatan serius. (DCI)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 9.66 km/h

  • 15 Dec 2018 29°C 22°C
  • 16 Dec 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px