Log in

Pascareuni Sekolah, Puluhan Istri Dicerai


Reuni biasanya dimanfaatkan untuk menyambung tali silaturahmi. Tapi rupanya ada pula yang berujung petaka. Cinta lama bersemi lagi saat reuni. Akibatnya, puluhan istri ditalak suami.

Dikutip dari laman Pojoksatu.id, Sabtu 25 Agustus 2018, berdasarkan data Pengadilan Agama Bontang Kalimantan Timur, dari 95 kasus perceraian yang terjadi di Bontang sejak Juni 2018, sebanyak 22 kasus di antaranya merupakan kasus perceraian akibat perselingkuhan sang istri.

Ternyata sebagian besar kasus perselingkuhan tersebut dilaporkan usai Lebaran Idul Fitri 2018. Hampir semua kasus perceraian dipicu perselingkuhan istri dengan mantan kekasih.

“Para suami kebanyakan mendapati istrinya berselingkuh setelah mengikuti reuni sekolah, saat momen Lebaran. Kasusnya mirip semua,” ujar Hakim di Pengadilan Agama Bontang Anton Taufiq Hadiyanto.

Selama Lebaran pengadilan tutup. Namun begitu kantor dibuka, seketika langsung banyak pendaftar yang ingin mengajukan perkara cerai talak.

“Kantor dibuka langsung mirip semua kasusnya, perselingkuhan, seperti semacam tren. Pemohon menyertakan bukti foto saat pertemuan di akun facebook. Bukan itu saja, bahkan riwayat percakapan di WhatsApp juga ikut dilampirkan pemohon,” ujar Anton.

Menurut Anton, fenomena ini berbeda ketika ia bertugas di Pulau Jawa. Kebanyakan di lokasi tersebut perselingkuhan dilakukan oleh kaum pria. Akan tetapi di Bontang justru kaum hawa yang mendominasi.

Kini, upaya yang dilakukan ialah melakukan mediasi dan setiap persidangan selalu majelis hakim wajib untuk mendamaikan. “Meskipun agendanya putusan, tetapi tetap pemohon dan termohon itu didamaikan sampai maksimal. Jika sidangnya 17 kali, ya sejumlah itu didamaikannya." (PJS/DCI)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px