Log in

Pak RT Babak Belur 'Diamuk' Sapi Kurban


Pemotongan tujuh ekor sapi kurban di RT 43, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi berlangsung menegangkan. Sebab, 1 di antara 7 ekor sapi yang dipotong mengamuk.

"Awalnya sapi kurban itu saya antar ke Masjid Sa'adunnajah tempat pemotongan hewan. Namun, belum sampai di sana, sapi itu tiba-tiba mengamuk dan kabur. Lantaran ketakutan melihat kerumunan warga. Karena tali ikatan sapi itu masih saya pegang, saya ikut terseret sejauh dua meter," ujar Ketua RT 43, Herman saat ditemui wartawan di rumahnya, Rabu (22/8).

Sapi kemudian dikejar warga untuk diamankan. Butuh waktu satu jam sapi itu diamankan warga untuk dapat dipotong. Hanya saja, ketua RT yang terseret mengalami luka-luka sempat dilarikan warga ke Puskesmas terdekat untuk diberikan perawatan.

"Saya awalnya sempat dilarikan warga ke Puskesmas, karena di bagian dagu lukanya cukup besar, jadi harus dijahit, lalu luka di muka, terus kaki dan tangan mengalami terpelintir lantaran memegang ikatan tali sapi tersebut," katanya terbaring lemah.

Sementara itu di Kudus, seekor kerbau kurban lepas dari ikatan saat akan disembelih. Kerbau itu lalu mengamuk hingga merobohkan pagar dinding rumah warga.

Peristiwa itu terjadi di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Rabu (22/8). Musthofa, warga setempat, mengatakan kerbau semula hendak disembelih di masjid desa setempat. Namun di dalam perjalanan, tali ikat kerbau lepas. Kerbau itu lalu mengamuk.

Dia bersama warga lain berupaya menangkap agar tidak membahayakan warga yang lain. Kerbau berlari ke jalan hingga sekitar 500 meter di kampung itu. Kerbau sempat menabrak pengendara sepeda motor yang melintas.

Warga yang panik, berupaya menghalangi laju kerbau dengan berbagai cara. Ada yang menyergap dari belakang dan dari samping.

Dia menuturkan, sejumlah warga nekat menangkap kerbau dan mengikatnya di dekat rumah warga. Namun kerbau terus mengamuk. Diketahui, pagar dinding rumah itu milik Ny Sri Asih, roboh.

"Saat diikat, kerbau mengamuk dan merobohkan dinding rumah warga," tambahnya.

Empat petugas akhirnya berhasil menangkap. Karena membahayakan, kerbau dipotong di perempatan jalan. "Panitia musyawarah, ini apakah dipotong di jalan atau di masjid. Terus disepakati dipotong di jalan," terangnya.

Kejadian itu menjadi tontonan warga. Bahkan, jalan di lokasi ditutup sementara untuk menyembelih, mengolah, dan memotong daging kurban di tengah perempatan jalan desa.

Sapi kurban mengamuk saat akan disembelih juga terjadi di Kabupaten Bintan. Sapi kurban dari Puskesmas Kijang, Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) itu tiba-tiba mengamuk dan berlari ke Lapangan Bola Lemang Daun Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Syajarul, salah seorang warga Kijang mengaku kaget saat melihat seekor sapi berukuran besar itu berlari dari arah Puskesmas Kijang ke lapangan sepak bola. "Banyak warga yang langsung minggir karena takut diseruduk sapi tersebut. Larinya cukup kencang," katanya.

Sejumlah tukang jagal kesulitan menangkap sapi tersebut yang terus berlari saat didekati. Warga yang melintas di jalan spontan berhenti untuk menonton penangkapan sapi tersebut. Namun, sapi tersebut tiba-tiba mendatangi kerumunan warga.

"Saya lagi duduk-duduk disini, tiba-tiba saja sapi itu datang menuju arah kami. Kami langsung berhamburan, tapi ada yang malah asik mengambil momen sapi yang mengamuk itu," jelasnya.

Mustafa salah satu panitia kurban di Puskesmas Kijang, Bintan Timur mengatakan, sapi kurban kabur saat hendak disembelih. "Tiba-tiba saja sapi itu mengamuk dan lepas dari ikatannya sehingga lari dari halaman puskesmas," katanya.

Proses penangkapan sapi itu berlangsung selama sekitar satu jam. Mustafa mengaku pihaknya juga sempat berkeliling di area lapangan sepak bola mengikuti sapi tersebut. "Akhirnya kami berhasil menjinakkan dan menangkap sapi tersebut setelah warga yang menonton kami suruh bubar," ungkapnya. (G/DTC/KPC)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 19 Sep 2018 31°C 21°C
  • 20 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px