Log in

Miliarder Ini Bayari Utang Ratusan Mahasiswa Rp 569 M


Seorang miliarder di Amerika Serikat (AS) menjadi sorotan setelah mengumumkan akan membayar seluruh utang ratusan mahasiswa yang baru lulus dari Morehouse College, kampus khusus siswa kulit hitam di Atlanta, Georgia. Aksi dermawan miliarder bernama Robert F Smith ini mengejutkan para mahasiswa dan pihak kampus.

Seperti dilansir AFP, Senin (20/5), Smith yang seorang pengusaha keturunan Afrika-Amerika ini diketahui memiliki harta kekayaan mencapai US$ 4,4 miliar (Rp 62,6 triliun). Smith yang lulusan Cornell University dan Columbia University ini mendirikan perusahaan Vista Equity Partners tahun 2000. Tahun 2015, Smith mencetak rekor, menurut majalah Forbes, sebagai warga Afrika-Amerika dengan kekayaan melebihi selebriti miliarder, Oprah Winfrey, yang juga pendonor Morehouse College.

Pada Minggu (19/5) waktu setempat, Smith hadir dalam seremoni kelulusan mahasiswa Morehouse College sebagai penerima gelar sarjana kehormatan.

Saat menyampaikan sambutan di hadapan mahasiswa yang baru saja lulus, Smith mengumumkan bahwa dirinya akan membayar seluruh utang mahasiswa yang baru lulus atau kelas kelulusan tahun 2019, yang besarannya diperkirakan mencapai US$ 40 juta (Rp 569,3 miliar).

Pengumuman dari Smith ini disambut tepuk tangan meriah oleh 400 mahasiswa yang baru lulus dan orangtua mereka.

"Keluarga saya akan membentuk sebuah grant (bantuan dana) untuk membereskan utang-utang mahasiswa," tutur Smith di hadapan para mahasiswa.

"Ini adalah kelas saya. Saya tahu kelas saya akan memberikan kebaikan," imbuhnya, sembari melontarkan harapan agar taraf kehidupan warga Afrika-Amerika di AS bisa meningkat.

Awal tahun ini, seperti dilaporkan Atlanta Journal and Constitution, Smith telah mengumumkan donasi sebesar US$ 1,5 juta (Rp 21,3 miliar) untuk Morehouse College. Juru bicara Moregouse College menyebut aksi dermawan Smith itu sebagai hadiah terbesar untuk kampus yang memiliki banyak lulusan terkemuka, termasuk pemimpin hak-hak sipil Martin Luthe King Jr, sutradara Spike Lee dan aktor Samuel L Jackson.

Salah satu mahasiswa bernama Elijah Dormeus yang mengambil jurusan bisnis menyambut dengan sangat senang kedermawanan Smith ini. Dormeus menyebut dirinya memiliki utang mahasiswa sebesar US$ 90 ribu (Rp 1,2 miliar). Ibunda Dormeus, Andrea, diketahui bekerja sebagai sopir bus sekolah di Harlem, New York.

"Saya sangat senang sekali," ucapnya.

Isu soal utang mahasiswa di AS menjadi kekhawatiran nasional sejak biaya pendidikan tinggi semakin meningkat di negara tersebut. Menurut lembaga rating Fitch, jumlah total utang mahasiswa di AS melebihi angka US$ 1,5 triliun (Rp 21.351 triliun). (DTC/AFP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px