Log in

Melalui Tradisi Azan Pitu, 7 Muazin Doakan Wabah Corona Segera Berakhir


Secara bersamaan, tujuh orang muazin mengumandangkan azan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Kota Cirebon, Jawa Barat pada Kamis (9/4/2020) malam. Harapannya, supaya pandemi virus corona saat ini (Covid-19) dapat segera berakhir.

Pelaksanaan azan secara bersamaan itu biasa dikenal sebagai 'azan pitu'. Diketahui, tradisi ini sudah ada sejak masa Sunan Gunung Jati dulu, dan terus dipertahankan hingga sekarang.

Azan pitu sendiri dipercaya bisa menolak bala ataupun suatu wabah penyakit. Oleh karena itu, para muazin Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini melakukan azan pitu pada kemarin malam. Seraya berharap, agar Allah SWT dapat memberi perlindungan serta masa pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

"Karena sedang wabah corona, maka kami mengumandangkan azan pitu. Kami percaya azan pitu ini bisa menolak bala, menolak juga wabah, sihir dan segalanya. Mudah-mudahan secepatnya wabah ini berakhir dan Allah memberikan perlindungan untuk kita semua," kata Penghulu Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Jumhur, saat ditemui Okezone di Cirebon, Jumat (10/4/2020).

Ia mengatakan, nantinya para muazin ini akan berkeliling mengumandangkan azan di perbatasan Kota Cirebon, selain di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Jumhur mengaku, Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon sudah memberi restu untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

"Kita berkeliling kota, se-Kota Cirebon setiap sudutnya mengumandangkan zan. Sambil tetap berhmohon agar persoalan corona ini segera diangkat Allah," tutur Jumhur.

Seperti diketahui, azan pitu merupakan tradisi yang sudah ada sehak masa Sunan Gunung Jati. Biasanya, azan pitu dikumandangkan pada Salat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. (OKZ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C