Log in

Jokowi: JK Bersedia Jadi Ketua Tim Pemenangan


Jakarta-andalas Bakal capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) menyebut telah berkomunikasi langsung dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk menjadi tim pemenangannya di Pilpres 2019. Kata Jokowi, JK telah bersedia menjadi ketua tim.

"Ya kan dari saya itu. Penentuan ketua tim ada di saya. Ya (JK) sudah bersedia. Saya sudah berbicara dengan beliau," ujar Jokowi usai tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8).

JK sendiri sebelumnya tengah mempertimbangkan untuk menjadi ketua tim sukses pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. JK pun berjanji tetap membantu Jokowi.

"Ya tentu sedang kita pertimbangkan segala hal, tapi saya tetap menjanjikan untuk membantu Pak Jokowi. Jadi sedang kita pertimbangkan bagaimana caranya," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/8).

JK mengaku tengah mempelajari sistem terbaik jika nantinya harus menjadi ketua timses Jokowi-Ma'ruf Amin, dengan kondisi dan situasi yang ada.

JK juga mendatangi rumah Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Dalam pertemuan, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sempat diminta Megawati memberi gambaran tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Tadi saya juga sempat dipanggil dalam pertemuan itu untuk sedikit memberikan penjelasan terhadap gambaran dari tim kampanye pemenangan nasional," ujar Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Sementara itu partai politik Koalisi Indonesia Kerja mengumumkan susunan tim kampanye untuk memenangkan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Ketua tim kampanye masih dalam kantong beliau (Joko Widodo) sebagai wakil ketua tim kampanye adalah Pak Loedwijk (Sekjen Golkar) dibantu Pak Arsul Sani Sekjen PPP, Pak Jhonyh Plate dan Pak Karding ditambah Pak Harry dari Hanura bersama-sama dengan kami bergandengan tangan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di markas pemenangan Cemara Jakarta, Minggu (12/8).

Nama-nama tersebut adalah lima orang sekjen parpol koalisi pendukung Jokowi/Ma'aruf, yaitu Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen NasDem Jhonny G. Plate, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, dan Sekjen Hanura Harry Lontung Siregar.

"Sekjen dari tim kampanye ada dari Perindo Pak Rofiq, lalu dari PKPI (Partai Keadilan Persatuan Indoensia) Bung Verry Surya dan PSI Bung Anton sebagai wakil sekeretaris," tambah Hasto. Hasto duduk sebagai sebagai sekretaris nasional dari tim Koalisi Indonesia Kerja.

"Tim besok akan langsung melakukan pelatihan jurkam (juru kampanye) di Hotel Orio. Itu yang kami dorong dan semangat kerja sama-sama dengan sukarelawan dari seluruh penjuru nusantara yang sudah melakukan deklarasi. Pak Jokowi juga memberikan arahan dan penajaman terhadap langkah-langkah strategis," ungkap Hasto.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla duduk sebagai dewan penasihat. "Beliau (Jusuf Kalla) sebagai dewan penasihat," kata Jhonny.

Ia pun menegaskan bahwa tim tersebut adalah tim pemenangan bakal calon, bukan pemenangan parpol. "Ini tim kampanye paslon, ya, bukan dari parpol. Jadi, betul-betul keputusan paslon apakah dalam partai maupun nonpartai yang penting memenuhi kriteria dan kualitas," tambah Jhonny. (DTC/ANT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px