Log in

Jokowi akan Tanya Kasus Penculikan Aktivis ke Prabowo


Jakarta-andalas Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin tak menampik kasus pelanggaran HAM yang selama ini lekat pada calon presiden Prabowo Subianto akan ditanyakan dalam forum debat nanti.

Selain pelanggaran HAM, tim Jokowi berencana bertanya dugaan penculikan terhadap aktivis yang terjadi semasa Prabowo aktif di militer agar publik mendapat keterangan langsung dari pasangan nomor urut 02 tersebut.

"Ini saya kira menjadi hal penting yang harus digarisbawahi agar masyarakat tidak lupa dan mengetahui jejak rekam seseorang. Bahwa pemimpin Indonesia ini harus orang-orang baik. Itu pertama," kata Koordinator Tim Debat TKN Abdul Kadir Karding saat dikonfirmasi, Selasa (15/1).

Tema selain HAM, seperti korupsi, hukum dan terorisme juga akan disiapkan materi bagi pasangan petahana menjawab-menjawab pertanyaan saat debat.

Setidaknya tim tengah menyiapkan bahan materi terkait korupsi yang saat ini dinilai baik ditangani oleh KPK. Salah satu yang disoroti ialah untuk pertama kalinya komisi antikorupsi mulai menerapkan korupsi korporasi.

Karding menyebut, calon Wakil Presiden Sandiaga Uno perlu menjelaskan keterkaitannya dengan PT Duta Graha Indah, yang mana perusahaan tersebut telah ditetapkan tersangka dalam kasus proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus pada Universitas Udayana di Bali.

"Di mana semua orang tahu komisarisnya adalah pasangan paslon 02. Jadi ini tentu ruang dan hal strategis untuk kita minta penjelasannya kepada Pak Sandiaga Uno dan Pak Prabowo," kata Karding yang juta Wakil Ketua TKN.

Sebelumnya debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden akan digelar Kamis, 17 Januari 2019.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, optimistis duet jagoannya unggul dalam debat perdana dengan tema hukum, korupsi, hingga terorisme itu.

"Ace menekankan, dalam visi misi, terkait masalah korupsi, Jokowi-Maruf sudah menjabarkan secara detail. Ia menyebutkan, aspek yang penting adalah pencegahan diiringi penindakan.

"Pak Jokowi menawarkan agenda aksi yang konkret dan komprehensif," kata Ace dalam keterangannya, Selasa (15/1).

Sementara itu pertemuan antara calon presiden nomor urut 01 Jokowi dengan seluruh ketua umum partai koalisi berlangsung Selasa malam disebut membahas persiapan debat perdana yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum, Kamis 17 April 2018 mendatang.

Pertemuan yang terlaksana di Restoran Seribu Rasa, Menteng, itu berlangsung sangat santai dan diselingi diskusi mengenai dinamika politik terkini. Hal itu dikatakan Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang ikut dalam acara.

"Kami membahas sejumlah persoalan bangsa, terutama upaya untuk lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat. Persiapan debat juga dibahas," kata Romahurmuziy, Selasa malam (15/1).

Pertemuan itu yang juga dihadiri elite dan sekjen partai koalisi, turut diselingi makan malam bersama. Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq yang turut mendampingi sang ketua Hary Tanoesoedibjo mengatakan, pertemuan berjalan dengan hangat.

Setiap ketua umum yang hadir memberikan usulan dan masukannya terkait situasi politik terkini. "Dalam santap malam juga penuh tawa canda. Pak Jokowi juga sangat menikmati santap malam bersama para ketum parpol," kata Rofiq.

Rofiq menjelaskan, menu yang disajikan seperti khas andalan restoran yang menjajakan kuliner nusantara. Adapun pertemuan ini turut dihadiri Ketua Tim Kampanye Erick Thohir.

"Ada tempe mendoa, ayam goreng, cumi bakar dan kopi khas Indonesia," kata dia.

Para pimpinan partai yang hadir adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Kemudian ada pula Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesma Sapta Odang, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Ketua Umum PSI Grace Natalie. (VN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px