Log in

Jadwal Kunjungan Jokowi ke Sumut Tidak Terganggu


Jakarta-andalas Ledakan bom yang terjadi di Kota Sibolga, Sumatera Utara terjadi beberapa hari jelang kunjungan Presiden Joko Widodo. Dari jadwal yang beredar, Jokowi berencana datang ke sejumlah titik termasuk Sibolga. Jokowi direncanakan berkunjung ke Sumut pada 15-17 Maret 2019.

Agenda itu pun telah dikonfirmasi oleh Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Dia mengatakan agenda Jokowi ke Sibolga akan berjalan sesuai jadwal.

"Sementara seperti itu," ujar Maruli dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (12/3).

Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan bahwa Paspampres telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk melakukan pengamanan.

"Pam terhadap presiden sudah ada SOP-nya, termasuk ancaman teroris," kata Iqbal saat dikonfirmasi di tempat terpisah.

Lebih lanjut, Iqbal pun memastikan penangkapan teroris di Sibolga tersebut murni pengembangan dari penangkapan teroris RIN alias PS akhir pekan lalu. "Ini murni pengembangan dari penangkapan di Lampung kemaren," ujarnya.

Rencana Presiden Jokowi datang ke Kota Sibolga pekan depan untuk meresmikan pelabuhan di kota itu juga telah dikonfirmasikan oleh pihak Pemko Sibolga.

"Rencana itu disampaikan langsung kepada Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, usai membuka acara penganugerahan 'Pasar Rakyat Award' di BSD Tangerang, Banten hari ini, " kata Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dinas Kominfo Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, Denni Aprilsyah Lubis kepada insan pers di Kota Sibolga, dilansir gatra.com, Selasa (12/3).

Denni mengatakan, Jokowi saat itu sedang berjalan dan menyalami para tamu undangan yang hadir. Saat bersalaman dengan Wali Kota Sibolga, Jokowi langsung menanyakan perihal perkembangan Pelabuhan Sambas.

"Bapak Wali Kota cukup kaget atas pertanyaan Jokowi. Lantas menjelaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Sibolga sudah selesai 100 % dan sangat bagus," bebernya.

Mendengar penjelasan itu, Jokowi langsung menyambut dan mengatakan bahwa minggu depan, dia akan menjadwalkan kunjungan untuk meresmikan Pelabuhan Sibolga.

Sayangnya, kemarin, Senin (11/3), satu unit truk kontainer milik salah satu perusahaan jasa transportasi di Kota Sibolga yang sedang membawa muatan tabung besar, menyeruduk jembatan terminal penyeberangan pelabuhan Sibolga yang baru selesai dibangun. Akibat kejadian itu lempengan besi pada bagian tengah jembatan ringsek.

Pelaksana lapangan PT Pembangunan Perumahan (PP), selaku perusahaan pelaksana proyek pengembangan pelabuhan Sibolga, Dadang R, menduga sopir truk kontainer tersebut sedang bermasalah dan tidak memperkirakan bahan yang dibawanya tinggi.

Namun demikian, Dadang memastikan perbaikan terhadap kerusakan jembatan akan segera dilaksanakan dan ditanggung seluruhnya oleh pihak perusahaan terkait.

“Mereka (pihak perusahaan) mau bertanggung jawab atas insiden itu. Setelah kami cek memang perlu perbaikan tetapi tidak fatal hanya untuk bagian bawah saja," ujar Dadang.

Demikian disampaikan Manager PT Pelindo Sibolga, Irfan. Dia juga memastikan perbaikan pada kerusakan jembatan akan secepatnya dilakukan. “Saya juga sudah cek, yang rusak itu nggak ada masalah dan bisa diperbaiki,” tandas Irfan.

Dari informasi yang beredar di kalangan wartawan melalui WhatsApp, Jokowi akan melakukan kunjungan ke Sumut pada 15-17 Maret 2019.

Diantara agenda kegiatannya selama kunjungannya di Sumut, Jokowi rencananya akan  meresmikan kawasan Pelabuhan Kuala Tanjung beserta fasilitas jalur KA Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, di Kabupaten Batu Bara dan meresmikan Pelabuhan Sambas, Sibolga, serta menghadiri sejumlah acara. (G/CNNI/GTR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px