Log in

Dua Mahasiswi Aceh Jadi Kurir Ganja


Perbuatan dua mahasiswi asal Bireuen, Aceh ini tidak pantas untuk ditiru. Bukannya fokus belajar untuk menyelesaikan studi agar dapat segera meraih gelar sarjana, keduanya malah nekat menjadi kurir ganja.

Kesialanpun akhirnya menghampiri keduanya. Saat hendak mengantarkan 10 kilogram ganja ke Pekanbaru, Riau, bus antarprovinsi yang mereka tumpangi distop dan dirazia polisi di Pos Lantas Sei Karang, Desa Kuala Begumit, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (29/11) sore.

Kedua mahasiswi itu, Laiyah Ulfa (25) warga Dusun Peutua Beunu, Desa Jangka Alue, Jangka, Bireuen dan Safrina Dewi (24), warga Dusun Baroh, Desa Pulo Reudeup, Jangka, Bireuen tak bisa mengelak saat petugas menemukan 10 balpres dibalut lakban coklat yang mereka bawa, setelah diperiksa ternyata berisi ganja. Total beratnya 10 Kg.

Laiyah Ulfa mengaku kalau mereka nekat menjadi kurir ganja karena faktor ekonomi. Keduanya dijanjikan mendapat upah jika berhasil mengantarkan ganja tersebut sampai ke pemesan di Pekanbaru.

Namun dia enggan memberitahukan jumlah upah yang dijanjikan bandar yang menyuruh mereka mengantarkan ganja tersebut ke Pekan Baru. "Ya karena dijanjikan uang, disuruh mengantarkan ke Pekanbaru," ujarnya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting, Jumat (1/12) menyampaikan, kedua tersangka diamankan personel Opsnal Sat Res Narkoba Polres Langkat yang menggelar razia peredaran narkoba lintas provinsi bersama personel Lantas Polres Langkat.

Keduanya dicokok petugas dari dalam Bus Putra Pelangi plat nomor polisi BB 7537 AA yang ditumpangi keduanya dari arah Aceh menuju Medan. Pemeriksaan yang dilakukan petugas terhadap barang bawaan penumpang bus tersebut ditemukan 10 Kg ganja dikemas 10 bal pres masing-masing seberat 1 Kg dari dalam tas ransel kedua tersangka yang duduk di bangku 5 dan 6 bus.

Atas temuan 10 Kg ganja dari dalam bus antarprovinsi itu kedua mahasiwi asal Aceh itu selanjutnya diamankan petugas berikut barang bukti ke Mapolres Langkat untuk diproses hukum lebih lanjut.

Rina menambahkan, hasil koordinasi Polda Sumut dengan personel Sat Res Narkoba Polres Langkat, kedua tersangka mengaku membawa ganja tersebut dari Sawang, Kabupaten Aceh Utara ke Medan. Ganja itu rencananya dibawa menuju Pekanbaru menggunakan bus dari Medan.

"Kedua tersangka saat ini masih diperiksa Sat Res Narkoba Polres Langkat. Penyidikan sementara pihak kepolisian, ganja tersebut rencananya dibawa kedua tersangka ke Pekanbaru menumpangi bus setelah tiba dari Aceh ke Medan," jelas Rina. (DA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px