Log in

Dinyatakan Tak Bersalah Setelah 20 Tahun di Penjara


Seorang pria yang mendekam di penjara selama lebih dari 20 tahun dibebaskan setelah dinyatakan tidak bersalah atas kejahatan yang dituduhkan kepadanya. Jin Zhehong yang kini berusia 50 tahun dibebaskan setelah menghabiskan setengah dari hidupnya di balik jeruji besi karena tuduhan perkosaan dan pembunuhan.

Pada 24 Oktober, Mahkamah Agung Provinsi Jilin China membuka kembali kasus berusia 23 tahun yang melibatkan Jin. Pengadilan memutuskan untuk melakukan langkah itu setelah Jin mengajukan beberapa upaya banding.

Diwartakan China Daily yang dipantau AsiaOne, Jumat (30/11), Jin dijatuhi hukuman mati dengan penangguhan hukuman pada 2000 setelah divonis bersalah atas perkosaan dan pembunuhan seorang wanita berusia 20 tahun pada 1995.

Mayat korban yang membusuk ditemukan terkubur di dekat rel kereta api di Provinsi Jilin pada 29 September 1995. Jin ditangkap oleh polisi sebulan kemudian, dan dijatuhi hukuman mati dengan penangguhan hukuman dalam sidang pertamanya pada 1996. Jin mengajukan banding atas hukuman itu, mengklaim bahwa dia disiksa selama interogasinya.

Pada 2014, media terkemuka di China, The Paper menyoroti kasus Jin dan menyampaikan keraguan atas putusan pengadilan. Setelah laporan itu muncul, Mahkamah Agung Provinsi Jilin mengatakan bahwa mereka akan membuka kembali kasus tersebut. Dan pada Maret tahun ini, pengadilan mengatakan bahwa bukti terhadap Jin tidak cukup dan akan mengadili kembali kasus tersebut.

Pengacara pembela Jin, Xi Xiangdong, mengatakan bahwa tidak ada bukti material langsung atau saksi dalam kasus ini, dan dakwaan terhadap Jin didasarkan pada pengakuan lisannya. Pembela menunjukkan pada apa yang mereka klaim sebagai inkonsistensi lain; misalnya, payudara korban melepuh oleh puntung rokok, tetapi Jin bukan perokok. (OKZ)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Dec 2018 29°C 22°C
  • 20 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px